E COMMERCE (ONLINE SHOPPING)
Coba kita perhatikan facebook anda, khususnya icon-icon yang muncul di sisi kanan halaman timeline FB anda. Berapa banyak icon yang muncul menawarkan baik jasa maupun product yang sifatnya online. Product dan jasa yang ditawarkan sangat beraneka macam, mulai mobil, handphone, kamera bahkan sampai beraneka jenis aksesoris wanita.
Penawaran product dan jasa melalu jasa "on line " dengan berbasis Handphone dan Internet lebih di kenal dengan sebutan " E-SHOPPING / E-MART / E-TRANSACTION ". Dengan semakin meningkatkan pertumbuhan pengguna internet dan kepemilikan telephone selular, maka juga berdampak sangat significant bahkan membangkitkan kembali e-commerce atau perdagangan yang berbasis on line via internet atau handphone.
Saat ini, penawaran jual beli product on line ini sebagian besar di lakukan oleh perorangan atau institusi dengan tidak berbasis toko atau NON STORE BASED. Pelaku bisnis ini sebagian besar tidak mempunyai satu tempat khusus yang dapat di lihat secara phisik oleh konsumen dalam wujud sebuah toko layaknya toko-toko konvensional yang kita kenal dan bisa kita kunjungi. Akan tetapi walau tidak memiliki wujud phisik toko, toh bisnis on line ini tetap tumbuh dengan pesat seiring pesatnya pertumbuhan pengguna HP dan Internet di Indonesia.
Sebagai bahan diskusi, Non Store Based ini mempunyai kelemahan dari sisi konsumen. Salah satu kelemahan itu antara lain :
- Konsumen tidak bisa memastikan alamat toko online yang menjual product tsb, karena biasanya hanya mencantumkan alamat email atau blog saja
- Jika ada ketidak sesuaian antara product yang di beli konsumen dengan yang ditawarkan oleh penjual toko online ini, maka sering kali konsumen kesulitan untuk mengajukan keluhan atau claim.
Bagaimana pengusaha retail yang berbasis toko mengantisipasi trend market ini. SAMPAI SAAT INI, PENGUSAHA RETAIL BERBASIS TOKO MASIH MENGANGGAP PENJUALAN ON LINE HANYA SERVICE TAMBAHAN BUKAN MENJADI SALAH SATU PRODUCT INTI
Padahal jika pelaku bisnis retail yang berbasis toko ( STORE BASED ) masuk ke bisnis on line atau E Commerce ini maka kendala yang di hadapi oleh pelaku e commerce non store based akan bisa diatasi. Kelebihan e commerce yang dilakukan oleh pelaku usaha retail yang berbasis toko antara lain :
- Sudah mempunyai jaringan distribusi dengan sebaran yang luas
- Memiliki brand positioning yang sudah eksis dan kuat
- Tentunya, konsumen dapat mengajukan keluhan/klaim dengan lebih muda, tinggal datang ke toko retail tsb untuk menyelesaikannya
KEUNTUNGAN E COMMERCE
- Cash less payment ( mengurangi penggunaan uang secara phisik)
- Cost less ( tidal perlu invests tempat dimana2 dan orang dalam jumlah yang besar)
- Lebih nyaman karena tidak harus datang ke toko
- Meningkatkan onset penjual atau sales volume
- Penyedia jasa product (perusahaan/perorangan)
- Provider sebagai penyedia jasa system
- Konsumen
Seberapa siap pengusaha retail store based bisa mengoptimalkan dan mengantisipasi trend ini untuk pertumbuhan bisnisnya
0 komentar:
Posting Komentar