KARYAWAN ADALAH ASSET PERUSAHAAN - Out Of Retail

KARYAWAN ADALAH ASSET PERUSAHAAN

Sering kali kita mendengarkan "slogan" atau bisa kita sebut sebagai " direction" bahwa karyawan adalah asset perusahaan yang sangat penting. Banyak yang dengan lugas menyampaikan hal ini kepada setiap karyawan yang di pimpin tanpa mempertibangkan arti kata dari asset perusahaan.

Penjelasan sederhana pernah di sampaikan oleh seorang CEO kepada saya, bahwa penggunaan kalimat tersebut cukup riskan untuk di sampaikan.
Jika karyawan di padankan dengan asset perusahaan, maka bisa di klasifikasikan menjadi 3 (tiga) kelompok asset


  1. Liquid asset, yang artinya karyawan tersebut memang dibutuhkan oleh perusahaan dan di tempatkan pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya --> karyawan yang masuk kategori ini mungkin masih merasa aman untuk tetap berkarir di perusahaan tersebut
  2. Idle asset, kayawan tersebut memang mempunyai kemampuan atau skill yang bagus, tetapi perusahaan masih belum memberikan sebuah tanggungjawab atas suatu pekerjaan yang sesuai kemampuannya tersebut --> karyawan dalam kategori ini, juga harus hati-hati, kejenuhan bisa hinggap dalam diri karyawan tsb karena belum atau tidak mempunyai tanggungjawab yang jelas atau karena sesuatu hal walau kemampuannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan tapi posisi yang sesuai mungkin sudah terisi oleh karyawan dengan kemampuan yang sama, bukan tidak mungkin akan bergerak menjadi broken asset
  3. Broken asset, bisa kita artikan adalah karyawan2 yang memang sudah tidak dibutuhkan oleh perusahaan baik karena kemampuannya yang sudah ketinggalan atau karena kapasitas, karakter, dll yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. --> karyawan dalam kategori ini akan sangat berbahaya, karena setiap saat perusahaan bisa melakukan tindakan yang akan berdampak negatif kepada karyawan tersebut.

Berada dalam kategori asset yang mana anda saat ini ..... 


Selamat belajar

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.