RETAIL FMCG - LOGISTICS EVOLUTION vs EDUCATION OF LOGISTICS PERSONEL

RETAIL FMCG - LOGISTICS EVOLUTION vs EDUCATION OF LOGISTICS PERSONEL

Karena suatu hal yang saya kerjakan dalam minggu ini, saya merasa ada baiknya menuangkan sedikit mengenai salah satu kunci keberhasilan dalam usaha retail FMCG ( Fast Moving Consumer Goods) yaitu Logistics. Orang sering rancu  bahkan saya sendiri sering salah dalam menjelaskan beberapa hal antara Logistics, Distribution Center, Supply & Distibution, bahkan dengan istilah Supply Chain. Mungkin pengertian dasar dari istilah2 tersebut kita bahas belakangan. Mari kita membicarakan tentang Logistics saja.

Pada hakekatnya Logistics terkait dengan dua hal yaitu :

  • Biaya ( Biaya serendah2nya )
  • Kepuasan pelanggan ( Terjaganya kepuasan pelanggan sesuai standar perusahaan )
Logistics adalah sebuah ilmu & seni untuk mendapatkan barang dalam jumlah & waktu yang tepat, pada kondisi & biaya yang tepat untuk menghasilkan tingkat keuntungan terntentu dengan tetap berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Aktivistas pada usaha logistics dapat kita klasifikasikan menjadi beberapa bagian, antara lain :
  1. Forecasting atau menyiapkan estimasi pembelian & penjualan
  2. Order Processing ( Proses Order )
  3. Materials Handling 
  4. Storage ( Penyimpanan )
  5. Packaging ( Pengemasan )
  6. Transportation ( Pengiriman ) & Traffics Management
  7. Site Location ( Lokasi Gudang yang tepat )
  8. Dll
Jika kita membahas secara detail satu persatu aktivitas tersebut & bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu, dari system manual ke automatically system mungkin akan menjadi 1 (satu) buku tersendiri. 

Bagi pelaku usaha bisnis logistics FMCG mungkin sangat memahami bagaimana kecepatan bisnis process dalam bidang logistics ini berjalan dengan sedemikian cepatnya.

Perkembangan dunia logistics di Indonesia sudah cukup maju baik dalam teknologi, sarana & prasarana & system controlnya. Perkembangan inilah yang saya sebut dengan Logistics Evolution. Berdasarkan pengalaman saya di beberapa perusahaan retail FMCG, saya mengalami sendiri bagaimana pesatnya perkembangan usaha logistics mulai dari : proses kerja secara manual sampai kepada dukungan system IT yang luar biasa. Pada intinya proses kerja dunia logistics berubah significant dengan dukungan teknologi dan perkembangan IT yang mendukungnya. Kalau kasarnya dalam salah satu aktivitas logistic adalah :
> Cetak - lihat - Ambil - Kumpulkan - kirim menjadi ;
> Lihat - ambil - kirim
Hampir 50% proses kerja dalam aktivitas bagian logistics bisa berubah ke arah yang lebih baik dengan dukungan system IT & sarana kerja yang memadai. Hampir semua perusahaan retail berani berinvestasi dalam hal system & sarana/prasarana dengan tujuan bisnis proses dalam aktivitas logistic ini lebih efisien & meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut.

TETAPI
Seberapa pesat perkembangan teknologi dalam bisnis proses Logistics JIKA tidak di ikuti oleh Pelatihan, peningkatan kemampuan Personel2 yang terkait atau yang menjalankan ativitas sehari- hari dari usaha logistics tsb, maka investasi yang sedemikian besar dalam bidang logistics akan menjadi sia2 atau tujuan dari perkembangan bisnis process tidak mencapai tujuan yang di harapkan oleh perusahaan tersebut. Banyak contoh yang saya lihat, dimana banyak perusahaan yang saya tahu, berinvestasi sangat besar dalam memperbaiki cara kerja dalam bidang logistics tetapi melupakan salah satu point sangat penting adalah peningkatan kualitas dari sumber daya manusia yang menjalankannya.
Contoh yang sangat sederhana, bahwa pemanfaatan teknologi logistics seperti penggunaan EPS ( Electronics Picking System ), PTL ( Pick To Light ), Conveyor System, Penggunaan System MIS yang canggih, Penggunaan Infrastruktur pendukung yang sangat bagus, belum tentunya mencapai apa yang di sebut  biaya yang efisien & kepuasan pelanggan yang di harapkan.

Jadi Evolusi dalam Logistics baru terbatas kepada System Informasi, Sarana & prasarana tetapi belum terjadi EVOLUSI DALAM LOGISTICS PEOPLE.

Orang-orang yang bekerja di bagian logistics masih menjadi karyawan kelas dua ... ( menurut saya & pengamatan saya .. bisa keliru ) dengan pelatihan yang sangat minim bahkan lebih minim dalam beberapa hal di banding bagian lainnya dalam sebuah perusahaan retail.

Sudah saatnya pelaku retail merubah paradigma ini. Logistics people is part of retail success 

Selamat Belajar











0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.