RETAIL DISCUSSION - DRUG STORE CENTURY / GUARDIAN / WATSON / BOSTON

DRUG STORE - CASE STUDY : CENTURY/GUARDIAN/WATSON/BOSTON

Jika anda jalan-jalan ke beberapa mall besar di Jakarta, dan beberapa perumahan kelas menengah atas, mungkin anda menjumpai salah satu dari ketiga toko diatas yaitu century atau guardian atau Watson.
Dalam ilmu retail, ketiga jenis retailer tersebut bisa di kelompokan dalam sebuah grup khusus yaitu "Drug Store" atau bisa di kelompokan ke dalam " Speciality Store ". Ketiga brand toko tersebut hanya menjualan beberapa jenis kategori barang misalnya : 

  • Pharmaceutical ( Medicine - obat-obatan)
  • Personal care ( Hair care, soap, body Fragrance, Facial Care, skin care, dll)
  • Paper Product ( tissue, sanitary napkins dll)
  • dll.
Retailer format ini biasanya mengkhususkan diri kepada kategori product yang terkait dengan " Health & beauty". Dari sisi perkembangan gaya hidup di kota2 besar, mestinya jenis retailer ini bisa berkembang baik karena :

  • Kecenderungan kelas menengah atas semakin sadar akan pentingnya kesehatan
  • Kelas ekonomi menengah atas ini juga semakin memperhatikan penampilan.
Hanya saja kenapa perkembangan jenis retailer format speciality store ini terlihat kurang bergairah. Saya perhatikan jumlah outlet century, guardian dan watson bisa kita hitung dengan jari, beda dengan jenis retail lainnya yang outletnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Untuk bahan diskusi, menurut saya ada beberapa hal yang terlupakan yaitu 

  • "Category product vs Multi Competition"
    • Dari sisi category product dimana type bisnis ini yang lebih berfokus kepada kesehatan dan kecantikan, maka akan menghadapi persaingan dari format retail lainnya. Karena prilaku konsumen ( consumen behaviour) belum bergeser secara berarti untuk pemenuhan kebutuhan akan jenis2 product tertentu.
    • Pertanyaan simple adalah : " jika anda sakit dan membutuhkan obat baik generik maupun resep, kemana pertama kali akan anda beli " , Maka jawabannya adalah APOTIK. Artinya dari sisi jenis product yang di jual oleh format retail ini dari satu category saja, maka akan menghadapi persaingan dengan retail yang memfocuskan diri hanya pada satu kategori yaitu Apotik.
    • Jika anda ingin membeli product perawatan tubuh, maka kemana anda pertama akan beli, misal anda butuh Shampoo - maka kita akan beli di ke minimarket/supermarket atau hypermarket. Jika kita butuh parfum kelas atas, maka banyak sekali butik-butilk parfum disetiap Mall.
  • Godaan Margin/Keuntungan
    • Godaan akan tingkat keuntungan dari penjualan item-item dari category product yang masuk kelompok health & beauty ini memang cutup menggiurkan. Tentunya masing-masing perusahaan yang bergerak disini punya skala ekonomi tertentu pada saat memutuskan masuk ke bisnis dengan format retail ini.
    • Hati-hati, kalau goals nya adalah memiliki outlet jenis ini dalam jumlah banyak, maka market belum siap dan dari sisi strategi penetapan lokasi juga harus extra hati-hati. 
    • Margin tinggi yang diharapkan tentunya harus di imbangi dengan volume penjualan yang memadai.
Jadi apakah market Indonesia sudah siap untuk dimasuki retailer jenis drug store/speciality store jenis  century/guardian/watson? menurut saya belum. Belum disini  bukan berarti tidak bisa berkembang tetapi butuh waktu beberapa tahun ke depan tergantung perubahan prilaku konsumen Indonesia umumnya dan kota2 besar khususnya.

Selamat Belajar

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.