RETAIL INTERMESO - KECEPATAN ATAU KETEPATAN

RETAIL INTERMESO - KECEPATAN ATAU KETEPATAN

Kembali kita coba diskusikan beberapa hal seputar pekerjaan kita dalam sebuah perusahaan. Dalam melayani pimpinan di sebuah perusahaan, perlu kita memahami karakteristik dari masing-masing pimpinan. Kali ini kita akan membahas karakteristik akan sebuah pelayanan kepada pimpinan terutama dalam pengerjaan tugas-tugas yang diserahkan kepada kita sebagai bawahan. Yang menarik adalah : Beberapa pimpinan senang akan kecepatan pengerjaan tugas & ada pimpinan yang senang akan ketepatan dari isi tugas tersebut.

KECEPATAN
Karakteristik pimpinan ini adalah semakin cepat anda melaporkan progress pekerjaan yang diberikan kepada anda, maka dia akan semakin senang kepada anda. Kecepatan disini bukan mengabaikan ketepatan, tetapi jika anda diberikan sebuah pekerjaan X, kemudian dalam waktu dua jam anda sudah memberikan hasilnya kepada pimpinan,  dibaca kemudian di koreksi dan kembali anda menyempurnakan tugas anda tersebut sesuai yang diminta.

Karakter pimpinan ini yang menyenangi kecepatan disini mempunyai dua sisi, artinya anda benar-benar mengerjakan apa yang dia minta ( progress) kemudian dia dengan senang hati meluangkan waktu untuk memeriksa dan mengoreksi shg pekerjaan anda lebih tepat. Melayani karakter pimpinan yang mau cepat seperti ini, anda harus memperhatikan beberapa hal :

  • Pada saat diberikan tugas, pastikan anda memahami benar apa yang pimpinan mau
  • Jika ada yang kurang jelas, tanyakan pada saat anda menerima tugas tersebut
  • Jika anda merasa tugas tersebut "mudah" maka anda boleh menyatakan " pak, dua jam lagi saya kirimkan laporan tsb"
  • Jika di rasa tugas tersebut membutuhkan waktu panjang, maka jangan ragu2 mengatakan " pak, laporan yang bapak minta besok jam 11 siang saya serahkan"
  • Jika anda sudah mengatakan itu, maka biasanya akan terjadi negosiasi. " jangan jam 11, serahkan laporannya jam 9 pagi" - maka anda harus memulai lebih awal shg bisa tepat waktu walau nanti mungkin akan di koreksi lagi shg selesai jam 11 siang keesokan harinya


KETEPATAN
Karakteristik pimpinan seperti ini, adalah tidak mau sibuk2 untuk mengkoreksi dan menganggap pada saat anda dikasi tugas, anda sudah paham benar apa yang dia mau. Untuk itu :

  • Pastikan benar2 dan jangan sampai meleset apa yang dia mau, baik isi laporan, format laporan sampai kepada keindahan bentuk laporan dll.
  • Jika ada menyerahkan laporan kemudian ternyata tidak sesuai apa yang dia mau, maka siap-siap menerima umpatan " bodo, telo, dll"
  • Waktu yang diberikan mungkin sedikit lebih longgar.
Apakah ada pimpinan yang mau cepat dan tepat, pasti ada.
Pahami karakteristik masing-masing pimpinan anda, seperti apa kemauan mereka akan sebuah laporan pengerjaan tugas, dan Adjust diri anda sendiri, maka akan memudahkan anda dalam melayani dan menyelesaikan tugas-tugas anda dan jangan ragu2 untuk bertanya atau jangan sok ngerti. Akan lebih baik jika anda memastikan kembali apa yang dia harapkan. Kalau bahasa marketingya adalah Customer Oriented.

Kecepatan & Ketepatan kalau dalam bisnis retail identik dengan Murah & Mahal, jika murah jangan berharap kualitas bagus, jika ingin kualitasnya bagus ya pasti tidaklah murah.

Semoga bermanfaat & selamat belajar

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.