RETAIL UPDATE - BATIK ADALAH BISNIS RETAIL DENGAN PERTUMBUHAN TERTINGGI

Salah satu bisnis retail dengan pertumbuhan tertinggi adalah : PENJUALAN BAJU BATIK
Tanpa disadari dan lepas dari pengamatan banyak orang, bahwa bisnis eceran baju batik menjadi salah satu bisnis dengan pertumbuhan yang luar biasa tinggi pada 3 tahun belakangan ini. Rata-rata saat ini baik pekerja formal atau tidak mempunyai baju batik lebih dari 3 jenis.

Kalau di era 90-an, orang cukup mempunyai baju batik 1 potong dan itupun dipakai pada moment2 tertentu saja misal : hajatan pernikahan dll, maka era saat ini memakai baju batik bisa dikatakan seminggu bisa lebih dari 1 kali.

Pertumbuhan penjualan batik ini tidak terlepas dari :

  •  peranan pemerintah yang menganjurkan pemakaian batik bagi pekerja formal untuk melestarikan salah satu karya original indonesia dan salah satu industri tertua di indonesia. Kampanye pemakaian batik yang dilakukan terus-menerus oleh pemerintah memberikan dampak luar biasa bagi pertumbuhan industri batik di Indonesia.
  • Perkembangan motip-motip batik yang disesuaikan dengan era sekarang ini. Dengan motip2 baru yang bisa menyerap gaya hidup mulai dari anak-anak muda sampai orang tua. Anak2 muda saat ini tidak malu lagi pakai batik tetapi dengan motip2 yang sesuai dengan selera mereka.
  • Ranges harga batik saat ini memungkinkan semua kalangan untuk mampu membelinya. Batik berkisar dari harga 30 ribu per pcs sampai dengan harga juta-an. Jadi konsumen diberikan pilihan kualitas untuk setiap tingkat demand/permintaan
  • Pertumbuhan jumlah outlet penjual batik sudah menyebar secara merata. Sekarang orang cari batik tidak harus ke jogja, solo atau pekalongan. Bahkan sampai mall2 kecil, butik2 individual menyediakan product ini.
  • DAN TENTUNYA HARUS BISA DITERIMA BAHWA KITA PEDULI PADA PAKAIAN BATIK KARENA MAU DI KLAIM MALAYSIA. --> jadi kadangkala sesuatu hal negatip bisa menjadi positip tergantung kita semua menyikapinya
Sangatlah membahagiakan industri batik di tanah air bangkit dari kematiannya di era 90-an dan booming pada 3 tahun belakangan ini dan saya berharap pemerintah bisa melakukan hal yang sama untuk jenis usaha original indonesia lainnya.

SELAMAT BELAJAR

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.