RETAIL UPDATE - BIG MART DARI MATAHARI PUTRA PRIMA

MATAHARI MEMANASKAN PERSAINGAN DI KLAS MINIMARKET

Matahari Putra Prima Tbk, salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia, yang membawahi beberapa jaringan retail antara lain : Matahari Department Store, Hypermarket & Foodmart, mulai melirik pasar baru di klas Minimarket.
Pangsa pasar minimarket saat ini dikuasai 2 (dua) pemain besar yaitu Indomaret & Alfamart dengan penetrasi pasar yang semakin gencar, dengan membuka gerai-gerai baru di luar pulau jawa misalnya Medan, Makasar, Samarinda, Pekanbaru, jambi dll.

Masuknya Matahari di format retail minimarket ini, diharapkan melengkapi jaringan retail matahari putra prima disemua jenis modern chain store. Masuknya Matahari Putra Prima ke format retail Minimarket ini dengan mengusung brand : BIG MART. Konsep yang ditawarkan  adalah MINIMARKET PLUS, dimana store size berkisar 400 M2 sd 500 M2. Jika dibandingkan dengan pemain di klas ini yang sudah ada, maka akan head to head dengan retailer MIDI ( PT. Midi Indonesia) yang satu group dengan Jaringan retail minimarket Alfamart.

Product Assortment yang ditawarkan kepada konsumen adalah menjual product yang relatif sama dengan minimarket yang ada saat ini plus disediakan produk-produk segar ( fresh food) seperti : buah-buahan & sayuran.  Dua gerai BIG MART yang sudah dibuka dalam rangka test market berlokasi di kota bogor. Penulis sendiri belum sempat mengunjungi gerai big mart ini, sehingga belum bisa memberikan gambaran bagaimana konsep big mart ini dibanding pemain yang sudah ada.
Tentunya kehadiran BIG MART akan semakin memanaskan persaingan di format retail minimarket yang sudah sengit sekali persaingannya.

Pertanyaan saya, ditengah persaingan yang sangat sengit di klas minimarket saat ini, kenapa Matahari juga ingin menitmati kue yang sudah diperebutkan beberapa raksasa retail indonesia lainnya. Persaingan di format retail minimarket sudah berada dalam fase LAUTAN MERAH ( Red Ocean), dimana tingkat persaingan tinggi. Akankah BIG MART bisa bersinar seperti Hypermart & Matahari Dept store??

Bagi konsumen, tentunya akan menguntungkan dengan kehadiran BIG Mart karena pilihan belanja menjadi lebih beragam. BAGAIMANA DENGAN PEMAIN RETAIL TRADITIONAL??

Selamat belajar

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.