RETAIL CONCEPT - NEED ~ WANTS ~ DEMANDS

RETAIL CONCEPT

NEED - WANTS - DEMANDS

Konsep yang sangat sederhana untuk memulai sebuah kegiatan usaha apa saja. Konsep need - wants - demand dilakukan berdasarkan sebuah pengamatan terlebih dahulu, baik sebelum melakukan suatu usaha maupun saat akan mengembangkan atau mendevelop usaha yang sudah ada. Hal ini juga berlaku dalam dunia retail modern maupun tradisional.

NEEDS
Apa yang dibutuhkan konsumen di sekitar lokasi usaha anda. Awalnya kita harus mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan calon pelanggan kita baik dari sisi product atau jasa. Hal ini bisa di kembangkan lebih lanjut, jika sudah bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen, akan di ikuti sebuah pertanyaan sederhana " siapa saja yang sudah menyediakan kebutuhan konsumen tersebut". Ini bicara tingkat persaingan yang akan kita masuki, jika bisnis yang kita rencanakan relatif sama.

Misal Kebutuhan konsumen adalah :
- Air Mineral
- Beras
- Minyak goreng

WANTS
Setelah kita mengidentifikasikan kebutuhan konsumen, biasanya identifikasi tersebut masih bersifat umum/general, kita akan memasuki tahap yang lebih detail dalam melakukan identifikasi. Kita bicara wants atau apa yang diinginkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan atau needs tersebut. Bicara wants/keinginan sebenarnya kita sudah melakukan analisa market dari sisi economic class. Apakah market yang akan kita garap tersebut menengah bawah, menengah atas atau premium/atas. Pembagian klas ekonomi target market secara dalam memang membutuhkan research yang dalam. Tetapi langkah sederhanapun bisa kita lakukan misal dengan mengamati type rumah, kepemilikan kendaraan dll.
Wants/harapan/keinginan konsumen akan sebuah product atau jasa  untuk memenuhi kebutuhan mereka sangat bervariasi dan hal ini akan berpengaruh juga kepada assortment product yang akan kita siapkan.

Misal :
- Needs : Air Mineral
- Wants : Air mineral Merk Aqua + Layanan Antar ( Service )

- Needs : Minyak goreng
- Wants : Minyak goreng bimoli

DEMANDS
Tetapi tidak semua Needs (kebutuhan ) & Wants (keinginan) konsumen tersebut di ikuti oleh daya beli mereka ( DEMANDS). Demands adalah apa yang mampu di beli oleh konsumen di sekitar lokasi toko anda. Demands ini terkait dengan BUYING POWER ( daya beli)

Misal :
- Needs : Air mineral
- Wants : Air mineral Aqua + Layanan Antar
- Demands : Air mineral Aquaria + Layanan antar ( Asumsi Aquaria adalah product dgn harga yang lebih murah)

- Needs : Minyak goreng
- Wants : Minyak goreng bimoli
- Demands : Minyak goreng merk sania ( lebih murah dari bimoli)

NEEDS-WANTS-DEMANDS adalah bagian yang tidak terpisahkan dari konsep marketing modern yang dikenal dengan STP ( Segmetation - Targeting - Positioning)





0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.