RETAIL INTERMEZO - MEMPUNYAI BAYANGAN ( SHADOWY PEOPLE)

MEMILIKI BAYANGAN

Intermezo berikut masih seputar dunia kerja dan masih merupakan pengalaman-pengalaman menarik saya selama bekerja di sebuah perusahaan dan saya sering mengatakan bagian dari apa yang di sebut "how to play office political game" . Dalam pengembangan karir dan kemudahan menyelesaikan sebuah pekerjaan, maka kecepatan informasi yang harus kita terima menjadi salah satu faktor kunci bahkan bisa saya katakan " one of The best ". 

Apa yang dimaksud "Memiliki Bayangan" disini adalah : Jika kita bekerja di sebuah perusahaan dengan team yang sangat besar, melibatkan banyak divisi dan pekerjaan kita terkait dengan aktivitas divisi yang lainnya, maka arus informasi yang kita terima akan menentukan kecepatan dan keakuratan pekerjaan kita bahkan bisa menjadi Bargaining power anda dalam sebuah pekerjaan. Darimana informasi ini kita peroleh itulah yang saya maksudkan dengan " Memiliki bayangan". Kita mempunyai sahabat2 dekat di beberapa posisi di divisi yang lain, yang akan dengan sadar dan tulus tentunya untuk membagi informasi yang berkembang di divisi tersebut kepada kita. Hal ini saya umpamakan teman/sabahat tersebut seperti bayangan diri kita sendiri yang berada di divisi lain.

Informasi dari "sahabat" bayangan kita di divisi yang lain paling tidak membantu kita untuk menyiapkan segala sesuatu jika ada pekerjaan kita yang terkait dengan divisi tersebut. Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menerima informasi dari bayangan kita di divisi berbeda antara lain :

  • Mereka menjadi sahabat kita yang rela berbagi informasi karena terdapat faktor " Trust" atau rasa percaya dan respect kepada kita, dimana mereka punya keyakinan informasi yang mereka bagi di pergunakan untuk hal-hal positip untuk menyelesaikan pekerjaan kita.
  • Imbal balik sangat penting dalam hubungan " shadowy" ini, dimana kita juga secara sadar dimana  sekali waktu perlu membagi informasi yang bermanfaat juga bagi pekerjaan sahabat bayangan kita tsb. Jangan ada hanya meminta tanpa pernah memberi,  itu nasehat orang tua kita yang sampai kapanpun masih sangat relevan dalam hidup ini.
  • Membangun jaringan " shadowy" ini tidaklah langsung jadi, tetapi di bangun secara perlahan dan intents sehingga faktor trust diatas bisa didapatkan kedua belah pihak.
  • Ada kalanya informasi yang kita terima juga merupakan informasi sampah atau negatif. Jadi pintar-pintarlah mengelola arus informasi yang masuk dari shadowy people kita dan selalu melakukan cross chek shg penggunaan informasi itu menjadi valid dan bermanfaat dalam pekerjaan anda.


Jika anda mempunyai bayangan dimana-mana, alangkah terbantunya anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan anda di perusahaan tersebut.

Make it network like a spider web .. begitu kira2 artinya.
Selamat belajar 



0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.