RETAIL OPPORTUNITY - KESEMPATAN & KARIR DI PERUSAHAAN RETAIL

OPPORTUNITIES IN RETAILING

Bekerja di sebuah perusahaan retail, menawarkan berbagai macam peluang karir & pengembangan yang sangat besar. Banyak orang melihat dan memahami bisnis retail sebagai usaha untuk menjual sebuah product atau jasa. Yang terlihat hanya ujung dari semua aktivitas. Dalam sebuah perusahaan retail banyak sekali divisi atau bagian2 yang menawarkan peluang karir yang luar biasa dengan konpensasi (gaji) yang sangat bervariasi dan tidak kalah dengan perusahaan yang bergerak pada bidang lainnya.

MANAGEMENT OPPORTUNITIES
Saya ambilkan contoh sebuah perusahaan retail consumers goods :
Dalam organisasi sebuah perusahaan retail consumer goods, ada banyak sekali pilihan kesempatan berkarir bagi anda semua. Ada banyak divisi terdapat di dalamnya misal : Operation/sales division, Merchandising/Purchase Goods, Marketing & Promotion, IT/MIS, Distribution/Logistic, Financial & Accounting, Legal & Lisence, Franchise Division, General Afair, Human Capital division, Business Development Division, Internal Audit division bahkan sampai ada divisi yang khusus menangani memberhip. --> bisa anda bayangkan ada sekian posisi dalam perusahaan retail dgn rentang jabatan dalam organisasi yang sedemikian panjang. Artinya itu juga menawarkan peluang karir dan tentunya tingkat gaji yang sangat menjanjikan.

Perlu di ingat, sampai saat ini perusahaan retail consumer goods rata-rata adalah perusahaan yang padat karya, yang artinya membutuhkan tenaga manusia jauh lebih banyak daripada tenaga mesin. Ingat bisnis retail adalah bisnis pelayanan/services, mesin tidak bisa melayani secara langsung.

Akan tetapi bekerja di perusahaan retail membutuhkan kesiapan mental yang cukup tinggi. Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum anda memutuskan melamar kerja di sebuah perusahaan retail khususnya perusahaan retail yang berbasis jaringan / chain store antara lain :

  • Apakah anda type orang yang senang bekerja di bawah tekanan. Tekanan kerja di perusahaan retail consumer goods sangatlah tinggi. Tekanan tentunya terkait dengan pencapaian target. Mulai target penjualan yang paling utama, target profit/rugi-laba, target other income, target employee out - in dan lain2. Jika ada senang berkerja di bawah tekanan, maka anda boleh mencobanya
  • Apakah anda senang bekerja dalam satu team atau tidak. Di perusahaan retail consumer goods, bekerja dalam satu team sangatlah penting. Jika anda senang bekerja secara sendiri, maka lupakan kerja di perusahaan retail.
  • Apakah anda senang kenyamanan atau tidak dalam bekerja. Bekerja di perusahaan retail sangatlah tidak nyaman. Jika anda menapak dari bawah, maka lupakan mengenai kenyamanan jangka panjang. Kenyamanan disini yang saya maksud adalah : Bekerja di perusahaan retail consumer goods anda akan sering di pindah2 lokasi kerja anda sesuai kebutuhan perusahaan. jangan anda berharap bisa bekerja di jakarta saja, jika anda dibutuhkan untuk menempati pos di luar jawa, bahkan dibutuhkan sampai di pulau2 lainnya, maka anda dan keluarga haruslah siap. 
  • Jadi jika type anda adalah Cool, Calm, Confort --> maka lupakan bekerja di perusahaan retail.

ENTREPRENEURIAL OPPORTUNITIES
Bekerja di perusahaan retail juga memberikan kesempatan anda untuk belajar banyak, jika anda berharap mempunyai bisnis anda sendiri. Kenapa, karena disini anda belajar banyak hal yang akan sangat berguna jika anda ingin memulai usaha anda sendiri. bagaimana handling people, bagaimana proses penjualan yang benar, system apa yang dibutuhkan untuk memudahkan proses kerja, bagaimana memilih lokasi usaha yang tepat dll. Semua bisa anda pelajari jika anda pernah bekerja di salah satu perusahaan retail ternama di Indonesia.

SELAMAT MENCOBA KARIR ANDA DI PERUSAHAAN RETAIL

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.