RETAIL CONCEPT - PSYCHOLOGY COLOR IN VISUAL MERCHANDISING

VISUAL MERCHANDISING - COLOR
Pengertian visual merchandising secara sederhana adalah penampilan sebuah produk atau barang dagangan secara baik dan menarik dari sisi warna, aksesoris pendukung dengan alat pajang yang tepat.
Saya akan sharing salah satunya yaitu COLOR/WARNA dari sudut padang "Psychology warna". Banyak teori yang ada untuk menerjemahkan pengaruh warna pada orang dan perasaan orang tersebut. Hal inipun relatif penting dalam bisnis retail, dimana berguna pada saat kita menata product yang akan kita pajang sehingga dapat menciptakan apa yang disebut " CREATE MOOD".

Kita menyadari, warna tertentu akan mendapatkan reaksi berbeda dari setiap orang. Reaksi yang muncul seringkali di pengaruhi oleh budaya orang tersebut,  selera publik atau keyakinan.
Sebagai contoh:
" Warna merah/hitam/putih kotak-kota dalam pakaian kemeja belakangan ini sangat populer. Setiap pemakai pakaian warna tersebut selalu memunculkan image sebagai Pendukung JOKOWI-AHOK yang hari ini memenangkan pemilihan Gubernur DKI versi Quick Account" --> anda bisa bayangkan pengaruh warna dalam menciptakan mood atau image tertentu.

Tetapi mari kita bahas pengaruh dan perspektif warna secara umum  ( saya petikan pengertian warna ini dari buku karangan Martin M. Pegler, terbitan fairchild-New York ): Saya sajikan hanya untuk beberapa warna saja, hanya untuk mengingatkan bahwa pengaruh warna sungguh luar biasa.

Kuning
Matahari terbit - emas, senang, cerah, gembira menggambarkan optimisme, harapan, menyukai perubahan, suka tantangan dan inovative.

Orange
Api, berkobar, Persahabatan, rasa sosial, keterikatan, tumbuh dan penuh antisipasi

Merah
Luar biasa, penuh cinta, penuh kekuatan, dan seksi atau menarik perhatian lebih dan sedikit vulgar.

Pingk/Merah muda
Menyenangkan, cantik, gadis kecil, bunga, hari kasih sayang

Hijau
Kehidupan, tenang, berkembang, sejuk, kedamaian

Biru
Tenang, nyaman, halus, langit, damai, tentram, tapi terkadang berkesan sedang mengalami depresi seperti ungkapan feeling so blue

masih banyak warna kombinasi yang bisa bercerita tentang mood, ungkapan perasaan, reaksi mata dan lainnya.

Retailer sedikit tidak harus memahami pengertian warna-warna ini dalam melakukan setting display product, design promosi dan lain-lain.
Sedikit catatan bahwa WARNA PRODUCT harus di explore oleh WARNA BACKGROUND sehingga tercipta keserasian yang tentunya tercipta keindahan dan ketertarikan.

Lebih lanjut, temen2 bisa cari buku yang khusus membahas Color in visual Merchandising



0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.