RETAIL DISCUSSION - STUDY KASUS TOKO SUSU

DISKUSI - TOKO SUSU

Pada saat kita sedang jalan-jalan keluar rumah, kita sepintas melihat satu toko khusus yang mempunyai sign board / Single Pole / Papan Reklame yang bertuliskan " TOKO SUSU"
Ini menarik untuk di amati, pada saat maraknya pertumbuhan minimarket, supermarket & hypermarket yang juga menjual varian susu cukup banyak.
Secara konsep retail, toko susu  bisa di kelompokan dalam format retail :

  • Speciality Store ( toko khusus yang hanya menjual beberapa variant / kategory product )
  • Killer Category ( Hanya menjual secara khusus katergory tertentu)
Keduanya mempunyai pengertian yang relatif sama
Toko susu ini menjual beberapa jenis susu yang kalau di detailkan menjadi :

    • Susu kemasan kaleng
    • Susu kemasan B
    • Susu bubuk 
    • Susu cair
    • Susu full cream & suss instant
    • Susu berdasarkan jenis usia konsumennya ( infant formula, pertumbuhan dll)
    • Beberapa jenis merek
    • dll
Kalau saya amati, beberapa toko khusus yang menjual susu ini rata2 tidak tumbuh dengan baik (sempat ngobrol, rata2 penjualan antara 600 ribu sd 1 juta per hari), relatif kecil karena beberapa merk susu kelas atas bisa berharga diatas 100 ribu per pcs nya.

  1. Lokasi. Dari 3 toko susu yang saya kunjungi, rata2 mempunyai space kecil dan lokasi berada di jalan umum dgn traffict padat. terhimpit diantara ruko2, sehingga mungkin orang yang lewat mungkin tidak akan memperhatikan dengan seksama.
  2. Store design, ketiga toko susu tersebut di design seadanya dan susunan product dan tingkat kenyamanan layaknya sama dengan toko traditional lainnya.


SHARING

  1. Susu adalah product yang identik dengan kesehatan, apalagi menyangkut balita/anak
  2. Menyangkut kesehatan, maka display product harus bersih & rapi 
  3. Suasana toko haruslah selain bersih, hendaklah dibuat terang dan menarik, untuk lebih memberi kesan toko tersebut berkonotasi sehat. --> ini akan terkait dengan design toko
  4. Pendisplay-an product hendaklah berdasarkan kelompok atau category nya, sehingga bank konsumen maupun yang melayani mudah untuk mencari productnya. Pengelompokan ini bisa mengambil contoh di modern retail yang ada :
    • Berdasarkan merk 
    • Berdasarkan usia konsumsi - umur 
    • Berdasarkan jenis susu - bubuk/cair 
    • Berdasarkan jenis kemasan - kaleng/kotak
  5. LOKASI, mungkin ini terlebih dahulu yang harus di perhatikan. Bukan punya lokasi, kemudian mikir bisnis toko susu kemudian jalan. Lokasi mungkin akan menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis toko susu ini.
    • Penilaian atas lokasi kalau ingin membuat toko susu, tentunya kita harus melihat penghuni/calon konsumen kita ini klas ekonominya seperti apa? akan berpengaruh kepada susu apa yang kira2 akan laku, apakah susu merek biasa atau merk premium ( Biasa : Dancow/SGM/Bendera. Premium : Chilmill, Procal gold dll)
    • Sudah ada atau tidak toko sejenis yang mungkin melayani product yang sama yang akan kita jual misal khusus susu.
    • Jika sudah ada toko yang melayani product susu tersebut, amati seberapa luas variant product yang mereka jual, sehingga kita pun seandainya tetap akan buka toko susu, sudah bisa mempersiapkan variant product sebanyak apa untuk bisa memenangkan persaingan tersebut.
    • Dari penilaian lokasi, juga kita bisa cermati, apakah prilaku belanja konsumen diperlukan layanan pesan - antar atau tidak
    • LOKASI YANG COCOK UNTUK TOKO SUSU ( speciality store adalah PERUMAHAN YANG TERATUR atau MALL sekalian)
Setelah sempat ngobrol dengan pemilik salah satu toko susu, maka kembalilah ke masalah basic yang sempat saya bahas sebelumnya yaitu : KENDALA/HAMBATAN RETAILER TRADITIONAL yaitu :

  • Kesulitan supply product
  • Kesulitan permodalan
  • Kekurangan pengetahuan
  • dll
Idenya        : cukup bagus ( retail khusus product susu)
Marketnya  : Masih sangat menjanjikan
SEMOGA ADA YANG MENCOBA SPECIALITY STORE " TOKO SUSU" DENGAN KONSEP MODERN tapi bukan oleh konglomerasi, cukup perorangan saja. Jika ada saya akan membantu dengan suka cita, karena di tulisan ini saya tidak membahasnya secara luas, hanya sekelumit ingatan saat jalan2 minggu lalu

Jika ada yang baca tulisan ini, silakan kita diskusikan point " toko susu ini"



86 komentar:

Vhoy'z Blog mengatakan...

Saya sangat tertarik dg usaha toko susu ini. Saya baca2 di internet banyak skali toko susu yg menawarkan sistem waralaba. Memang klo dg ikut waralaba untuk buka usaha menjadi mudah, kita tidak perlu membangun sistem, suplier, brand, dll dari awal lg. Namun membutuhkan biaya yg lumayan besar (di luar produk, seperti royalti) yg seharusnya biaya tersebut bisa kita gunakan untuk modal membeli produk. Juga harga sudah menjadi harga tangan kedua karena kita menjual produk dari franchisor bukan dari produsen langsung. Selain itu kita jg terikat dg peraturan/perjanjian.
Maksud saya, saya ingin membangun usaha sendiri supaya:
>> biaya tidak terlalu besar seperti biaya royalti bisa dialihkan u/ membeli produk atau peralatan toko
>> bisa mendapatkan produk langsung dr produsen (tangan pertama) sehingga harga lebih murah dan bisa menjual dg harga bersaing dan keuntungan yg lumayan
>> bisa mengembangkan usaha sendiri, tidak terikat.
Yg jd permasalahan bagaimana caranya mendapatkan pasokan barang dr produsen langsung?
Terima kasih
envhoy@yahoo.com

widizana mengatakan...

menarik sekali pak,kebetulan saat ini sy jg sdg berencana membuka toko susu,tp sy msh buta masalah manajemennya. untk lokasi n pasar sy rasa cukup strategis. sy berencana slain susu jg akan menyediakan sgl kebthn balita,bgmana pendpt bpk. danMhon masukan display yg sesuai. trimakasih

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Terimakasi telah mengunjungi blog belajar retail ini.
@envhoy
Ada konsep sederhana : Jika anda membeli dalam jumlah lebih banyak, maka anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Itulah kekuatan chain store atau toko berbentuk jaringan seperti supermarket dan minimarket besar. karena mereka membeli dalam jumlah besar, maka mereka bisa menekan harga dari produsen atau suppliernya.
Memulai bisnis retail tidak harus selalu melalui system franchise, karena memang harga membeli sytem franchise saat ini relatif mahal. Kelebihannya adalah kita tidak di pusingkan oleh hal hal seperti :
- Mencari barang dagangan ( product supply)
- System inventory dan penjualan
- Tidak perlu terlibat terlalu dalam dalam bisnis, karena manage under franchisor
Karena kemudahan itu, maka pengetahuan kita akan bisnis retail tsb menjadi minim. Saya sangat apriciate jika envhoy mau memulai tanpa membeli system frc. Beberapa hal yang harus di perhatikan adalah :
1. Lokasi tempat usaha apakah sesuai dengan rencana toko susu. Market/pasarnya ada/tidak, besar atau kecil.
2. Supply product. Darimana kita mendapatkan supply productnya. Kalau productnya susu, maka ada 5 atau lebih produsen susu besar di Indonesia :
- SARI HUSADA dengan merk SGM - Distibutornya adalah TIGA RAKSA
- NESTLE dengan merk DANCOW - Distributornya per masing-masing wilayah berbeda2
- FRISIAN FLAG dengan merk BENDERA -Distributornya berbeda2 masing2 wilayah
- INDOLACTO dengan merk INDOMILK - Distributornya adalah INDOMARCO ADI PRIMA
- NURTICIA dengan merk BEBELOVE - Distributornyaadalah PT. TEMPO SCAN PASIFIC
- dan masih banyak lagi.
Cara mendapatkan barang dari distributor tsb adalah system canvaser dengan menghubungi distributor masing-masing product tsb. Jika kesulitan mendapatkan barang langsung dari distributor mereka, Maka tidak ada salahnya mendapatkan barang-barang tsb dari Whosaler/Agen. Terlebih dahulu harus di survey alamat distributor di kota anda berada, kemudian cari informasi sebanyak2nya termasuk agen2 dibawah distributor tsb.
Jika memang serius sekali ingin membuka usaha retail, saya pribadi akan mengirimkan beberapa informasi yang databasenya saya tahu untuk berbagi dengan sdr.i envhoy.

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

@widizana
Bisnis retail specialize store seperti toko susu dalam hal ini dapat di gabungkan dengan beberapa category barang lainnya :
MILK/SUSU
1. ADULT MILK ( susu orang dewasa)
2. BABY MILK ( SUSU BALITA)
masing-masing di kelompokan dalam beberapa category
ADULT MILK
- Powder Milk (Susu Bubuk Dewasa),
- SWEETENED MILK ( susu SKM),
- LIQUID MILK ( susu cair dewasa)
BABY MILK ( SUSU BALITA) terdiri dari beberapa category :
- INFANT MILK ( susu balita dibawah 1 tahun)
- FOLLOW ON MILK ( susu balita lanjuta - diatas 1 thn)
- GROWING MILK ( susu pertumbuhan - diatas 4 thn)
BABY NEEDS ( Kebuhan balita selain susu)
- BABY CEREAL ( Cereal untuk bayi)
- BABY BISCUIT ( Biscuit untuk bayi)
BABY KITS ( Perlengkapan Balita)
- COLOGNE KIDS ( Parfum untuk balita
- LIQUIDS SHAMPOO ( Shampoo cair untuk balita)
- LIQUID SOAP ( Sabun Cair Balita)
- BAR SOAP KIDS ( Sabun Mandi balita )
- LOTION KIDS ( Minyak untuk balita)
- TALCUM POWDER ( Bedak Balita)
- TOOTH BRUSH ( SIkat gigi anak)
- TOOTH PASTE ( Pasta Gigi Anak)
- DIAPERS ( Pamper/popok balita)
- BABY EQUIPMENT ( EMPENG, BOTOL BAYI, WASH LAP, dll)
Dan masih banyak lagi jenis product lain yang bisa di gabungkan jika anda berminat membuka toko susu. Jika mas widizana tertarik, saya bisa emailkan ke alamat anda jenis2 product yang bisa anda jual bersamaan dalam sebuah toko SUSU.

SUKSES Menyertai
SALAM

Kayla Komputer Shop mengatakan...

saya juga minat untuk membuka toko spesialis susu, mungkin hambatan saya juga sama seperti @envhoy, yaitu tidak memiliki sumber pemasok barang, oleh karena itu saya harap Bp. I Nyoman Sugiarta sekiranya dapat berbagi informasi. trima kasih n' sehat selalu
faisall2@yahoo.co.id

Kayla Komputer Shop mengatakan...

saya juga minat untuk membuka toko spesialis susu, mungkin hambatan saya juga sama seperti @envhoy, yaitu tidak memiliki sumber pemasok barang, oleh karena itu saya harap Bp. I Nyoman Sugiarta sekiranya dapat berbagi informasi. trima kasih n' sehat selalu
faisall2@yahoo.co.id

Kadek Kresna mengatakan...

Menarik sekali ulasan Bapak terkait artikel retail ini khususnya toko susu. Peretail modern di Indonesia telah dikuasai oleh 2 pemain besar yang telah memiliki jaringan yang luas. Dan saya tertarik untuk membuka usaha di bidang retail khususnya toko yang menjual berbagai macam produk susu mulai dari susu balita, ibu hamil, lanjut usia, nutrisi bagi orang dewasa dan kebutuhan nutrisi balita (cereal, bubur bayi dsb).
Harga produk-produk tersebut di 2 minimarket terkenal dijual lebih tinggi daripada minimarket milik perorangan yang pernah saya survei. Yang ingin saya tanyakan sebagai berikut :
1.Bagaimana sistem atau mekanisme pembelian produk tersebut melalui distributor atau podusen?mengingat ini adalah toko baru.
2.Adakah jalan lain selain pembelian dari distributor?
3.Apakah pelaku bisnis bebas menentukan harga jual produk dalam usaha retail ini?
4.Apakah Bapak dapat membantu terkait informasi mengenai perolehan produk tersebut melalui distributor atau produsen?

Mohon perkenaan pendapat Bapak.
Terima Kasih
Kadek_a_w_k@yahoo.com

Lovia Batik dan Craft mengatakan...

saya juga berminat untuk membuka toko spesialis susu, mungkin hambatan saya juga sama seperti @envhoy dan kayla, karena tidak memiliki sumber pemasok barang, Mohon Bpk I Nyoman Sugiarta sekiranya dapat berbagi informasi. trima kasih n' sehat selalu. Email saya:
eman874@gmail.com

nina novianti mengatakan...

Malam pak Nyoman,saya Nina seorang pemula dalam wirausaha, sebelum membaca ulasan bapak, sebelumnya saya sudah tertarik dengan usaha toko susu, bahkan saya sudah melakukan tindak lanjut berupa mencari informasi sebanyak - banyaknya, kebenaran salah satu franchise dan mempelajari manajemen franchise, lokasi, promosi dan saya tertarik karena mudah dan dengan ikut franchise saya bisa melakukan usaha dengan memiliki back up karena barang bisa di retur, bahkan saya sudah melakukan survey penjualan yang dilakukan salah satu toko susu, hehe karena semangatnya..

Namun karena saya pemula, setiap franchise memerlukan investasi awal untuk dropshit yang ckup besar, saya brows tidak ada yang kurang dari 50 juta, biaya tersebut diluar biaya kios, sehingga saya ckup sulit untuk mencoba, saya seorang karyawan swasta dan mahasiswa, saya mohon masukan bapak, karena sulitnya pendanaan, sya mencari retail yang modalnya dibawah itu dan ckup sulit pak, saya mohon masukan bapak untuk memulai usaha ini karena saya memang sudah niat sekali tapi blum ada jalan untuk terealisasi, terimakasih atas bantuannya

nina novianti mengatakan...

Malam Pak Nyoman, saya seorang karyawan swasta dan mahasiswi dan baru mau mulai wirausaha, informasi bapak sangat membantu saya, sbelum saya membaca uraian bapak, saya sudah tertarik dengan retail toko susu, dan sudah melakukan tindak lanjut seperti mempelajari info tentang frnchise toko susu dan memahami manajemen franchise tersebut, bahkan saya sudah melakukan pengamatan penjualan terhadap salah satu toko susu yang sudah ada, termasuk mempelajari promosi dan lokasi yang tepat, hehehe karena sudah niatnya,

dilihat dari manajemenya saya berani untuk ikut waralaba seperti itu, karena resiko barang rusak atau Expired bisa di retur jadi saya dapat ter back up, pembelian barang pun terorganisir, namun sayangnya untuk pemula saya merasa berat karena umumnya franchise toko susu yang membutuhkan dropshit investasi awal tidak ada yang kurang dari 50 juta diluar sewa tempat, sehingga saya terhambat permodalan, padahal saya sudah sangat serius,,

saya terpikir untuk bli langsung dari distributor karena mungkin bisa menggunakan modal awal yang lebih kecil, tapi tidak memiliki back up, karena saya berjalan toko sendiri dan mengingat saya masih sangat pemula, jadinya usaha retail toko susu pun belum terwujud sampai sekarang,
saya mohon masukannya ya pak bagaimana agar usaha yg ingin sya lakukan itu dapat terwujud, terimakasih
nina_2009450101@yahoo.com

nina novianti mengatakan...

Malam Pak Nyoman, saya seorang karyawan swasta dan mahasiswi dan baru mau mulai wirausaha, informasi bapak sangat membantu saya, sbelum saya membaca uraian bapak, saya sudah tertarik dengan retail toko susu, dan sudah melakukan tindak lanjut seperti mempelajari info tentang frnchise toko susu dan memahami manajemen franchise tersebut, bahkan saya sudah melakukan pengamatan penjualan terhadap salah satu toko susu yang sudah ada, termasuk mempelajari promosi dan lokasi yang tepat, hehehe karena sudah niatnya,

dilihat dari manajemenya saya berani untuk ikut waralaba seperti itu, karena resiko barang rusak atau Expired bisa di retur jadi saya dapat ter back up, pembelian barang pun terorganisir, namun sayangnya untuk pemula saya merasa berat karena umumnya franchise toko susu yang membutuhkan dropshit investasi awal tidak ada yang kurang dari 50 juta diluar sewa tempat, sehingga saya terhambat permodalan, padahal saya sudah sangat serius,,

saya terpikir untuk bli langsung dari distributor karena mungkin bisa menggunakan modal awal yang lebih kecil, tapi tidak memiliki back up, karena saya berjalan toko sendiri dan mengingat saya masih sangat pemula, jadinya usaha retail toko susu pun belum terwujud sampai sekarang,
saya mohon masukannya ya pak bagaimana agar usaha yg ingin sya lakukan itu dapat terwujud, terimakasih
Nina_2009450101@yahoo.com

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Dear teman-teman semua yang tertarik untuk menekuni retail speciality store : Milk - Baby need & baby kits. Segera saya akan email beberapa informasi yang bisa saya share ke temen2 sehingga kita bisa sama2 belajar. Terus terang pertanyaan mengenai toko susu ini membuat saya perlu menyiapkan list product atau product assortment & List Supplier /Principle nya.
Segera saya akan share ke temen2, karena masih dalam collecting data ter update

Semangat belajar

fractalzkomvis mengatakan...

Dear pak nyoman,
saya dan suami tertarik sekali berbisnis dibidang susu dan popok ,
boleh kah saya minta di share informasi, mengenai distributor utama/produsen susu dan popok dan hal2 yg berkaitan dengan bisnis tersebut....
terima kasih banyak pak
nani haryani

naniharyani4885@yahoo.co.id

Meraih untung menuai rejeki mengatakan...

Salam hormat.
Pak seperti rekan2 diatas sya juga berminat untk membuka toko susu.tp saya msh blm paham bgaimana untk mendapat stok susu.mohon pencerahaanya.email saya; agungotto@gmail.com
Trmakasih

Andika Indra Cahyadi mengatakan...

Selamat pagi,
tulisan yang sangat informatof, sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk I Nyoman Sugiarta.
Hampir sama dengan semua yang telah memberikan komentar di tulisan bapak, saya juga sedang "melirik" bisnis toko susu ini. Untuk tempat saya sudah dapat yang cukup strategis. Namun yang jadi kendala adlah pasokan untuk susu yang akan saya jual.
Mungkin bapak bisa berkenan membantu saya dalam mencari distributor, sehingga saya bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.
Terima kasih.
Andika Indra Cahyadi (andika.indra.cahya@gmail.com)

yayan purwanto mengatakan...

terima kasih buat informasinya Bpk. Nyoman,sangat bermanfaat dan membuat saya ingin mencoba usaha ini,utk kendala dan hambatan mungkin sama seperti yang diuraikan oleh sdr. @nina,mohon masukannya dan informasinya.terima kasih
yayan_purwanto@yahoo.co.id

yayan purwanto mengatakan...

terima kasih buat informasinya Bpk. Nyoman,sangat bermanfaat dan membuat saya ingin mencoba usaha ini,utk kendala dan hambatan mungkin sama seperti yang diuraikan oleh sdr. @nina,mohon masukannya dan informasinya.terima kasih
yayan_purwanto@yahoo.co.id

yayan purwanto mengatakan...

terima kasih buat informasinya Bpk. Nyoman,sangat bermanfaat dan membuat saya ingin mencoba usaha ini,utk kendala dan hambatan mungkin sama seperti yang diuraikan oleh sdr. @nina,mohon masukannya dan informasinya.terima kasih
yayan_purwanto@yahoo.co.id

yayan purwanto mengatakan...

terima kasih buat informasinya Bpk. Nyoman,sangat bermanfaat dan membuat saya ingin mencoba usaha ini,utk kendala dan hambatan mungkin sama seperti yang diuraikan oleh sdr. @nina,mohon masukannya dan informasinya.terima kasih
yayan_purwanto@yahoo.co.id

Dewi Purnama mengatakan...

Saya juga tertarik untuk membuka toko susu.. Tetapi hambatannya hanya mencari distributor susu.. Jika bapak tidak keberatan tolong kirim email ke saya juga di d3wzzz@yahoo.com
Terimakasih banyak atas infonya...

Mi Chikara mengatakan...

Boleh saya minta tolong diemail juga Pak Nyoman karna saya juga tertarik dengan usaha tersebut. Terima kasih sebelumnya ( blackchikiballs@gmail.com)

zikri bermana mengatakan...

saya juga tertarik untuk membuka toko susu. kebetulan di daerah saya punya pangsa pasar yang menjanjikan. mohon juga diberikan informasi2 untuk bisa lebih belajar ttg bisnis ini.
terimakasih
zikri9@gmail.com

Ahmad Syauqi mengatakan...

Dear Pak Nyoman,

Selamat siang,

saya sangat terkesan dengan tulisan bapak, dan saat ini saya memang sedang tertarik dengan usaha toko susu..
Mohon bantuan pak Nyoman, sekiranya saya dapat juga informasi mengenai supplier langsung dari distributor,sama seperti rekan lainnya, akan lebih baik jika biaya kemitraan bisa dialokasikan untuk penambhan produk.
mohon arahan dan petunjuk dari pak Nyoman bisa disampaikan keemail saya di :
kiky_s06@yahoo.com
Terima kasih atas bantuannya.
Syauqi

dhany ana mengatakan...

Selamat sore Bapak Nyoman, sy dhany, sy tertarik bisnis seperti ini, sdh 2bln sy oba cari info tentang distributor susu, tetapi tidak berhasil pak, sy mohon bantuan bapak untuk informasi distributor produsen susu di jakarta pak (dikirim via email saja pak). Terima kasih atas bantuan n informasi yg bapak berikan ke saya, ini email sy pak rezfiana@gmail.com. Salam sehat selalu, dhany 081318893250

anwar ferdyansyah mengatakan...

salam sukses utk smuanya..saya sangat tertarik dgn artikel yg bpk nyoman buat,, karena saya juga sedang tertarik dgn usaha toko susu ini..dan cerita hampir sama dgn mmba nina.. memang sangat sulit bagi kami sbg pemula yang ingin terjun ke usaha toko susu ini terkait info distributor dan juga sistem manajemennya,, dgn niat awal saya yakin utk ikut waralaba karena tinggal terima beres (produk terback up, sistem dan brand sudah ada, juga ada yg smp dibantu dlm promosi) namun dgn nilai investasi yg begitu besar dan pasar blm terlihat jelas memberikan saya sdkt keraguan dlm lancarnya usaha ini nantinya.. apalagi ketika kita melihat ada diskon/promosi diluar grup franchise kita, pastinya akan sulit membuka jalan utk mendapatkan produk tersebut..mohon pencerahan dari rekan2 sekalian khususnya pak Nyoman terkait jln keluar dlm memulai usaha ini.. bagaimana step by step utk memulai usaha toko susu ini.. terima kasih..

ferdyawe@gmail.com

PANDI_AJA mengatakan...

Met sore pak nyoman.seperti tmn2 yang lainnya diatas.sy jg ingin usaha toko susu diatas selain kendala modal jg sy ingin tau distributor susunya.tlg infonya pa nyoman ke emiel sy,supandiarkan_baihaqi1506@yahoo.com.trima kasih pa nyoman.

dwi rahma yulianti mengatakan...

Dear pak Nyoman, saya sangat tertarik untuk memulai usaha dengan membuka toko susu..tapi belum menemukan cara untuk mendapatkan barang langsung dari distributor..mohon info dan bantuannya pak..terima kasih

dwi.rahmayulianti@gmail.com

kampret mengatakan...

Selamat malam Pak Nyoman dan rekan2 sekalian,

saya juga berminat untuk membuka toko pampers/popok namun kendalanya hampir sama seperti temen2 sekalian. Kepada Pak Nyoman dan rekan2 sekalian, bila ada yang mepunyai informasi mengenai agen maupun distributor popok/pampers mohon pertolongannya saya dishare.

terima kasih sebelumnya Pak Nyoman dan rekan2 sekalian

Renopunggowo@yahoo.co.id

ANTER (Anak Terminal) mengatakan...

Dear Pak Nyoman,
Mohon dikirimkan list distributor atau agen susu dan popok ke tartimo@gmail.com.
Terima kasih.

ANTER (Anak Terminal) mengatakan...

Dear Pak Nyoman,
Mohon dikirimkan list distributor atau agen susu dan popok ke tartimo@gmail.com.
Terima kasih.

hanif otsman mengatakan...

Bapak Nyoman luar biasa banget....

saya jadi tertarik nih untuk buka toko susu,sekiranya ada yang bisa di emailkan bisa tolong saya juga di email dong pak di:

hanif_otsman@hotmail.com
hanif_otsman@yahoo.com

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak,


Best ragards,

hanif

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Selamat Pagi temen2 semua
Pertama2 saya sampaikan terimakasih mendalam dan perasaan senang bahwa retail bisnis masih mempunyai ketertarikan cukup besar, akan tetapi sebelumnya saya minta maaf belum bisa merespon secara mendalam, atas setiap sharing yang disampaikan.

Saya berikan beberapa contoh mendasar :
Principle susu = pabrikan
Merk Dancow = principle nya adalah Nestle
Merk Bendera = Principlenya adalah Frisian Flag
Merk SGM = Principle nya adalah Sari husada

Kemudian kita harus tau siapa yang mendistribusikan product tsb di masing-masing daerah atau di pegang oleh satu distributor besar untuk seluruh indonesia :

Misal susu Merk SGM - Principlenya adalah Sari Husada - Distributornya adalah TIGA RAKSA

Jadi : Productnya boleh sama tetapi distributor di masing2 daerah tempat teman2 berada, kemungkinan besar adalah berbeda2.

Nah ini kesulitan saya untuk menjawab secara detail kalau pertanyaan terkait dengan : " DIMANA BISA MENDAPATKAN PRODUCT ADULT MILK ( susu orang dewasa) & BABY MILK & BABY NEEDS"

PERTANYAAN LAINNYA : Coba akan saya lihat satu persatu ( grouping untuk setiap persoalan yang muncul) dan saya akan berusaha secepatnya untuk berbagi informasi apa yang saya ketahui.

Putu Dedy mengatakan...

Terima kasih pak Nyoman utk sharing ilmunya. Jujur saja saya sudah agak lama ingin buka usaha ini. Tapi kesulitan saya kemungkinan sama dg teman2 yg lain, yaitu pencarian distributor susu. Kalo pak nyoman ada info mengenai distributor susu terutama di surabaya, mohon di-email ke ngakan.putu.dedy@gmail.com
Terima kasih.

aria mengatakan...

Selamat pagi pak nyoman,
saya telah membaca artikel bapak dan komentar2 yang menyertainya,...

saya sangat terkesan dengan tulisan bapak, dan memberikan saya ide untuk usaha toko susu..
Mohon bantuan pak Nyoman, sekiranya saya dapat juga bisa mendapatkan informasi mengenai segala hal yang berkaitan,sama seperti rekan lainnya,mohon arahan dan petunjuk dari pak Nyoman bisa disampaikan keemail saya di :
mukhodariyahsri@gmail.com
Terima kasih atas bantuannya.
Ria

Maureen Arthajaya mengatakan...

Selamat siang Pak Nyoman..

Pertama-tama saya sangat berterimakasih kepada Bpk Nyoman yang telah membuat Blog ini dan bersedia membagi informasi kepada kita semua, sebab sudah lama sekali saya tertarik dengan usaha ini, tapi selalu kesulitan untuk mendapatkan link produknya.

Saya karyawan swasta yang baru mau mencoba dan belajar membuka usaha sendiri dibidang ini..Untuk itu saya sangat mengharapkan informasi dari Pak Nyoman dan teman2
semua ttg list agen/distributor yang bisa saya hubungi untuk mendapatkan produk serta informasi apa saja ttg usaha ini.

Terima kasih sebelumnya..

maureen.arthajaya@gmail.com

felix lim mengatakan...

Dear Pa Nyoman,


Terima kasih atas input membangun bagi kita smua.

Saya setuju sekali dengan pertanyaan dari pak Kadek,

semua toko baik susu maupun non-susu pasti memiliki sistem di dalamnya, sehingga operational dapat berjalan lancar.

1.jadi bagaimana sistem atau mekanisme stok dan distribusi susu yang baik ?
2.bagaimana pengaturan harga jual sehingga tidak merusak harga pasar di daerah tempat kita menjual susu ?
3.jika pembelian lewat distributor langsung, apakah ada perjanjian seperti min order atau achievement penjualan seperti itu pak, bisa tolong dijelaskan ?

Mohon perkenaan pendapat Bapak.
Terima Kasih
catapult85@gmail.com

tutorit mengatakan...

selamat siang pak

saya berniat sekali untuk membuka usaha toko susu dan pampers, tapi alangkah susahnya mencari informasi distributor atau agen yang murah yang ada di jakarta.
Sekiranya bapak dapat membantu saya untuk memberikan informasi seputar distributor atau agen susu dan diapers murah di jakarta. Mungkin Bapak bisa memberikan list-nya ke email saya di sandrodelo@gmail.com

Sayang sangat berterima kasih jika bapak ingin menginformasikan-nya


Best Rgds

Ronal

Alpha Ferry mengatakan...

Terima kasih buat informasinya Bpk. Nyoman,sangat bermanfaat dan membuat saya ingin mencoba usaha ini,utk kendala dan hambatan mungkin sama seperti yang diuraikan teman2 mengenai distributornya. Jika tidak keberatan mohon informasinya.
alphaferrywahyudi@yahoo.co.id

Terimakasih banyak atas infonya...

blossom mengatakan...

Dear Pak Nyoman,

Saya juga dalam tertarik membuka usaha toko susu, mohon bantuan infonya untuk produsen/ distributor susu dan tambahannya pak, email saya: christien.hoo@gmail.com terima kasih banyak atas pembelajarannya pak.


Salam,
Christien

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Selamat malam sahabat semua, maaf sekali di tengah kesibukan pekerjaan saya terlambat berbagi informasi. Malam ini saya share mengenai Principle / Produsen & Distributor untuk product Milk & baby Needs
NO / NAMA PRINCIPAL/ NAMA DISTRIBUTOR / PRODUK
BABY MILK PRODUCT
1 PT WYETH INDONESIA/TIGARAKSA SATRIA/ PROCAL, PROMISE, S26, PROMIL
NURSOY


2 PT SARI HUSADA/TIGARAKSA SATRIA/SGM, VITALAC, VITAPLUS, LLM (G4)
LACTAMIL ( G2)

3 PT MEADJOHNSON/ PT ENSEVAL/SUSTAGEN, ENFAGROW, ENFAKID


4 PT SANGHIANG/ PT ENSEVAL/MORINAGA, MILNA, (G4)


5 PT ABBOTT/ PT ATRI DISTRIBUSINDO / PEDIASURE, GAIN, SIMILAC, ISOMIL
NEOSURE, ENSURE ( G2)


6 PT NESTLE / PT NESTLE/DANCOW, LACTOGEN, NESTLE, NAN
CERELAC

7 PT FRISIAN FLAG/ PT FRISIAN FLAG / BENDERA


8 PT NUTRICIA/ NUTRICIA / NUTRILON, BEBELAC

TEMPO (KHUSUS BEBELAC) NUTRIMA ( G2)

9 PT FONTERA / PT. FONTERA / ANMUM, ANCHOR
( OMSET BESAR G2) ANLENE ( G2)

10 PT PARIT PADANG/ PT PARIT PADANG / CURCUMA

11 PT INDOLAKTO / PT. INDOMARCO/ INDOMILK BIOKIDS

12 PT GIZINDO/ INDOMARCO/ PROMINA, SUN


13 PT SUKANDA DJAYA/ PT SUKANDA DJAYA /FARLEY BABY BISCUIT

14 PT APPETON/ PT APPETON/ APPETON


BABY CARE
1 PT ULI /PT ULI/ ZWITSAL

2 PT JOHNSON AND JOHNSON/ PT JOHNSON AND JOHNSON/ JOHNSONS BABY



3 PT CUSSONS / PT CUSSONS / CUSSONS BABY


4 PT MULTI INDOCITRA/ PT MULTI INDOCITRA/ PIGEON


5 PT KAPASINDO/ PT KAPASINDO/ IDEAL, ICHIBAN COTTON BUD



6 PT SUNLON KAPASINDO/ PT SUNLON KAPASINDO /SUN COTTON BUD

7 PT DISTRIVERSA PT DISTRIVERSA HUKI COTTON BUD

8 PT CHARMINDO PT CHARMINDO CHARMI COTTON BUD

9 PT SAYAP MAS UTAMA / PT SAYAP MAS UTAMA/ KODOMO

10 PT KINOCARE *** /PT DUTA LESTARI/ B&B, SLEEK, MASTER KIDS
ESKULIN

11 PT BARCLAY ***/ PT TEMPO / MY BABY

12 PT POLY USAHA SEJATI ***/ PT POLY USAHA SEJATI /SMOCA SIKAT GIGI

13 PT JOENOES IKA MULYA *** PT JOENOES IKA MULYA YURI DEE-DEE


14 PT INTRASARI *** PT INTRASARI/ MITU TISSUE BAYI

15 PT PARIT PADANG *** PT PARIT PADANG/ JORDAN SIKAT GIGI

16 PT ARTA BOGA CEMERLANG

17 PT LUMINTAS PUSPINDO / CLIO / wetz

18 IKA PHARMINDO PUTRAMAS /DISTRIVESA BUANAMAS/ HUKI

DIAPERS
1 PT UNICHARM/ PT MEGAH MAJU MANDIRI / MAMYPOKO, CHARM



2 PT SOFTEX/ PT MITRA GEMILANG / SWEETY, SOFTEX
HAPPY NAPY



3 PT MULTI INDOCITRA PT MULTI INDOCITRA/ PIGEON


4 PT IMPERS PRATAMA /PT IMPERS PRATAMA /LOLLAS


5 PT ZENSEI/ PT ZENSEI /POPOKU


6 PT CITRA USAHA LAMINDO PT CITRA USAHA LAMINDO EQ, DR. P DIAPERS


7 DSG Suryamas/ PT Tiga Raksa/ FITTI, CERTAINTY, DISPO, BAGUS
PET-PET

8 PT P&G/ PT P&G/ PAMPERS


9 PT KIMBERLY CLARK PT KIMBERLY CLARK/tigaraksa HUGGIES, KOTEX, KLEENEX


10 PT SAYAP MAS UTAMA PT SAYAP MAS UTAMA BABY HAPPY

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Untuk alamat principle / distributor di masing2 daerah, sahabat2 dapat searching (google dll) dgn cara mengetik nama PT dan atau product tsb.

Jika ada yang ingin berusaha di seputara wilayah Jakarta timur, Bekasi, cikarang, karawang, distibutor lokal dari product2 tsb dapat saya email secara khusus.

Selamat Belajar & Berusaha.
Salam
Nyoman

lookman mengatakan...

Selamat malam pak nyoman saya sudah bca artikel bapak mengenai toko susu dan diapers ini,saya sangat tertarik dengan bisnis ini dan berencana ingin membuka toko susu dan diapers ini,
Mungkin pak nyoman bisa berbagi mengenai alamat dan kontak untuk distributor susu dan diapers di daerah jakarta timur.
Kebetulan lokasi saya berada di jakarta timur.

Lalu persiapan untuk modal awal di bidang ini seperti apa ya pak?

Mohon infonya ke email berikut
Lukmanibrahim88@gmail.com

Terimakasih pak nyoman,sukses selalu

lookman mengatakan...

Selamat malam pak nyoman,
Saya sudah membaca artikel yang bapak tulis,sangat menarik dan menginspirasi.

Saya juga berkeinginan membuka toko sacam ini khusus menjual susu dan diapers.

Yang masih menjadi kendala saya adalah,

-saya masih buta akan estimasi dana yang harus dibsiapkan dan apa saja yang di perlukan untuk membuka toko tersebut.
-kurang pengetahuan akan distribitor atau suplyer yang bisa memberi harga yang terjangkau (karna kalau kita menjadibtangan pertama dari distributor pasti akan lebih murah pula harga yang akan d dapat ya kan pak)

Mohon kiranya pak nyoman memberi saya informasi tentang masalah saya di atas,kebetulan posisi saya di jakarta timur
Mungkin pak nyoman bisa share info nya ke email saya

Lukmanibrahim88@gmail.com

Terimakasih,dan sukses selalu.

Salam

dennis mengatakan...

Alo Pak Nyoman, bagus banget nih sharingnya.
Kebetulan banget ane lagi bikin toko susu di daerah cikarang bekasi.
Kalau boleh minta tolong donk distributor resminya untuk supply toko ane.
Terutama produk dancow, frisian flag, nutricia, pediasure, sgm, chilmil dll. Dan juga pampers dan mamy poko.

boleh donk kirim ke email dennislukmana@yahoo.com

terima kasih banyak Pak Nyoman

Eddi Surianta mengatakan...

Selamat malam Pak Nyoman, tetima kasih atas infonya, kebetulan sy dan istri mau buka toko khusus susu dan keperluan bayi dan sekarang tokonya sedang finishing. Saya mau tanya dapatkah kita membeli product susu langsung ke produsennya? Manakah lebih murah harganya dibandingkan dgn beli melalui distributor. Mohon info produsen dan distributor susu dan perlengkapan bayi di Medan, sy sangat berterima kasih jika Bapak Nyoman dapat mengirimkannya ke email sy : eddisurianta@gmail.com. Terima kasih

sayogo mengatakan...

Salam Pak Nyoman,

Menimbrung banyak komentar diatas, sudi kiranya bapak dapat berbagi info dan pengetahuan ke saya juga.

Terima kasih. Sayogo
sayogo.ogi@gmail.com

Dodo's Excerpts mengatakan...

Pak Nyoman, saya adalah seorang karyawan dan saya pengin beralih ke bisnis ini, saya bisa minta tolong data distributor susu dan perlengkapan bayi/anak..
Tolong dikirim ke vivade2008@gmail.com

Terima kasih banyak Pak Nyoman & I do appreciate for your concerns

DJ Ulphie mengatakan...

Salam Pak Nyoman, Terima kasih atas sharing informasi yang bermanfaat ini.
saya saat ini sedang merintis usaha toko susu dan memang saat ini saya sedang kesulitan untuk suply barang ( susu dan diaper ).

Apakah bapak memiliki data atau alamat distributor lokal untuk daerah Bogor?
Jika ada mohon untuk dikirimkan ke alamat email saya :

zulxau@gmail.com

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam

fadil nugraha mengatakan...

selamat sore pak,sy tertarik dengan bisnis ini.kebetulan sy tinggal di karawang. . sy mohon infonya distributor lokal yg beraja di karawang ke email sy

dulah_nugraha@yahoo.co.id

terima kasih

fadil nugraha mengatakan...

selamat sore pak,sy tertarik dengan bisnis ini dan permasalahannya sama seperti teman.
mohon bantuannya pak untuk distributor lokal dikarawang ke email sy fadilnugraha12@gmail.com
terima kasih
salam sukses

Alvin mengatakan...

Dear pak nyoman,
saya d tertarik sekali berbisnis dibidang susu dan popok ,
boleh kah saya minta di share informasi, mengenai distributor utama/produsen susu dan popok dan hal2 yg berkaitan dengan bisnis tersebut....
saat ini saya tinggal di daerah jakarta timur

terima kasih banyak pak
Alvin Rifci pratama

email : alvcoz_design@yahoo.com / alvinrifcipratama@gmail.com

swesti nisita mengatakan...

Salam hangat pak nyoman.
saya tertarik dengan bisnis susu dan diapers ini, untuk lokasi sy bertempat di daerah karawang. Dapatkah saya mengetahui supplier/distributor untuk daerah karawang.
terimakasih.
swesti2606nisita@gmail.com.
mohon info nya ya pak nyoman
Tks.

swesti nisita mengatakan...

Salam pak nyoman,
saya berminat untuk memulai bisnis toko susu ini.
sy berdomisili di daerah karawang.
sya ingin tahu supplier/distributor produk susu dan diapers nya.
Swesti2606nisita@gmail.com.
terima kasih.

meiz mengatakan...

Tx Pak Nyoman, sharingnya sgt bermanfaat.. :) Semoga semakin sukses di kariernya..

oh ia, dari semua yg berminat apakah sdh ada yg berhasil menghubungi/menjalin kerjasama dgn produsen susunya?
pls share dong pengalamanannya...

Tx

Inne

swesti nisita mengatakan...

Selamat malam pak nyoman.
sya tertarik dgn bisnis susu ini. Saya tinggal di daerah karawang. Bisa minta info pak distributor untuk daerah karawang. Tks.

swesti nisita mengatakan...

Selamat malam pak nyoman. Sya tertarik dengan bisnis susu ini. Sy tinggal di daerah karawang. Saya boleh minta info distributor susu untuk daerah karawang tks.
alamat email saya.
swesti2606nisita@gmail.com

aditz mengatakan...

Dear Pak Nyoman,
Luar biasa artikel nya pak.. Saya sangat berniat dan antusias untuk menjalani usaha toko susu.
Mohon infonya untuk alamat agen/distributor wilayah jakarta selatan atau sekitarnya pak.
aditya.principle@gmail.com
Terima kasih.

Salam hangat,
Aditya

Roby Saputra mengatakan...

Dear pak nyoman
Terimakasih atas info yang bapak berikan, saya sepertinya sama dengan rekan rekan yanga lain, kesulitan mendapatkan suply barang, saya berloaksi di depok pak , mohon info untuk distributor terdekat pak, jika bpk berkenan tolong kirimkan ke alamat email saya from3toyou@ymail.com
sehat dan sukses selalu untuk bapak, terimakasih :)

Magresa Hendariawan mengatakan...

Selamat malam pak nyoman,

Saya telah membaca sharing dan informasi yang bermanfaat dari bapak, saya berniat untuk memulai usaha dibidang ini di daerah karawang..
Mohon informasi tentang modal awal dll karena sy ini pemula, juga tentang distributor susu dan kebutuhan bayi didaerah karawang..

Mohon dapat diemailkan ke plat_rus@yahoo.com
Atau gresa02@gmail.com

Terimakasih pak

Salam,
Agnes

yusuf mengatakan...

Selamat siang pak nyoman,
Saya sudah membaca artikel yang bapak tulis,sangat menarik dan menginspirasi.

Saya juga berkeinginan membuka toko sacam ini khusus menjual susu dan diapers.

Yang masih menjadi kendala saya adalah,

*kurang pengetahuan akan distribitor atau suplyer yang bisa memberi harga yang terjangkau (karna kalau kita menjadibtangan pertama dari distributor pasti akan lebih murah pula harga yang akan d dapat ya kan pak)

Mohon kiranya pak nyoman memberi saya informasi tentang masalah saya di atas,kebetulan posisi saya di jakarta timur
Mungkin pak nyoman bisa share info nya ke email saya

yusu154.hw@gmail.com

Terimakasih,dan sukses selalu.

las3 mengatakan...

Selamat malam Pak Nyoman, ulasan yang sangat bermanfaat kebetulan saya dan suami juga sedang mulai merintis usaha ini di daerah cikarang, sama seperti rekan lainnya kendala di supplier product nya, mohon bantu info suppliernya pak agar usaha kami ini boleh tetap berjalan. Terima kasih sebelumnya.
Salam
Lastri
lastri.shc@gmail.com
lastri_shc@yahoo.com

las3 mengatakan...

Selamat malam Pak, ulasan yang sangat bermanfaat. Kebetulan saya baru mulai merintis usahaini tapi kendala sama dengan rekan yang lain tentang supplier. Mohon bantu info distributor lokal, kami berlokasi di Cikarang. Terima Kasih sebelumnya.
Salam
LASTRI
lastri.shc@gmail.com
lastri_shc@yahoo.com

Teguh Esa mengatakan...

Halo Pak Nyoman,

mohon saya juga diinfokan secara email agen & distributor susu yang ada di daerah Jakarta selatan & Bekasi. karna saya berniat ingin memulai usaha ini juga tapi masih mencari lokasi yang strategis antara Jakarta Selatan & Bekasi.

mohon dikirimkan ke alamat email saya :

rinagustiana83@gmail.com atau rina_gustiana83@yahoo.com


terima kasih pak atas perhatian dan bantuannya.


salam

Rina G

Deksi Leo mengatakan...

Selamat sore pak Nyoman
Terimakasih atas sharing yg bermanfaat ini kebetulan sy ingin mencoba membukA usaha yg sm tp dengan modal yg tidakterlalu besar dan utk pertama kali sy inginmembuka dirumah mengingat dilingkungan sy byk anak2 usiA balita. Mohon informasinyA bagaimana cara mendptkan produsen yg dpt memberikan harga murah dan bagaimana cara estimasi dana krn sy masih buta dengan usaha tsb krn sy belum pernah smsekali berwirausaha.

ibu sukses mengatakan...

Selamat Sore pak Nyoman,
Saya sudah membaca artikel yang bapak tulis,sangat menarik dan menginspirasi.

Saya juga berkeinginan membuka toko samacam ini khusus menjual susu dan diapers.

Yang masih menjadi kendala saya adalah,

-saya masih buta akan estimasi dana yang harus dibsiapkan dan apa saja yang di perlukan untuk membuka toko tersebut.
-kurang pengetahuan akan distribitor atau suplyer yang bisa memberi harga yang terjangkau

Mohon kiranya pak Nyoman memberi saya informasi tentang masalah saya di atas,kebetulan posisi saya di Depok
Mungkin pak Nyoman bisa share info nya ke email saya

sarah.krismanto@gmail.com

Terimakasih,

abednego situmorang mengatakan...

Selamat siang Bapak Nyoman,artikel bapak telah membuka kembali keinginan saya yang telah sempat saya lupakan untuk membuka toko susu disebabkan kesulitan untuk mendapatkan pensuplay di Medan,Sumut.
Sudilah kiranya bapak berbagi dengan saya jika bapak memiliki data/alamat distributor di medan.
Kiranya bapak berkenan untuk mengirim ke email saya:

parude_rude@yahoo.co.id

Terimakasih,
Salam,G.Situmorang

Paul Cleuments mengatakan...

Salam Pak Nyoman, Terima kasih atas sharing informasi yang bermanfaat ini.
saya sangat berminat untuk merintis usaha toko susu.

Apakah bapak memiliki data atau alamat distributor lokal untuk daerah Jakarta Timur atau Jakarta Utara ?
Jika ada mohon untuk dikirimkan ke alamat email saya :

pcandrac@gmail.com

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam

Candra

Firstcake Arin mengatakan...

Dear Pak Nyoman, saya sangat tertarik untuk membuka usaha susu tersebut dan setelah saya membaca artikel diatas.

Mohon kiranya dapat membantu saya memberikan informasi distributor lokal untuk daerah Jakarta Timur dan informasi tersebut dapat dikirim melalui email saya arin.arinny@gmail.com.

Dan apakah distributor tersebut memiliki system retur? atau kita hanya beli product? sedangkan kadaluarsa atau barang tidak laku kita yang menanggung?

Sebelumnya terima kasih dan saya tunggu informasi tsb melalui email saya arin.arinny@gmail.com

Ly Kasep mengatakan...

"Jika ada yang ingin berusaha di seputara wilayah Jakarta timur, Bekasi, cikarang, karawang, distibutor lokal dari product2 tsb dapat saya email secara khusus."

Selamat Sore Pak Nyoman,

Terimakasih banyak sebelumnya untuk sharing jg pencerahannya dan bisa membantu untuk informasi distributor di seputaran wilayah Jakarta timur, Bekasi, cikarang, karawang, distibutor lokal dari product2 tsb.

mohon dapat diemailkan ke firlykasep@gmail.com

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam

Yoni Nurrizky Amalia Firstanti mengatakan...

Salam pak Nyoman, trima kasih untuk ulasanya yang sangat membantu, saya minat sekali membuka toko susu dan diapers,klo kita mau buka toko retail untuk pengambilan barang d distributor ap ad syarat'' tertentunya?

mohon diemailkan ke yoninurrizky@gmail.com

salam,terima kasih

fauzi mengatakan...

pagi pak

kalau ber kenan sya mau minta alamat principle / distributor untuk wilayah bekasi pak tlng kirim ke email oezie_yan@yahoo.com
terimakasih sebelumnya pak.

Lisan Jong mengatakan...

pak nyoman,sy jg berencana utk membuka usha toko susu di daerah tangerang.bs di infokan utk distributor lokal susu ny.jg sy minta utk info mengenai info yg harus diperhatikan dlm membuka toko susu serat cara utk menghitung stcok yg dibutuhkan agar modal ny dpt berputar kembali.terima kasih

fionny carolin mengatakan...

Sore pak Nyoman..
Saya memang mau memulai usaha susu formula. Tapi masih bingung dimana mencari supplier nya.
Saya boleh minta bantuan pak Nyoman utk memberikan ilmu nya.. terima kasih

Fionnycarolin@gmail.com

MOHAMMAD NURIL Akbar mengatakan...

Salam kenal Pak Nyoman, saya Akbar. Saya dan istri juga berniat untuk memulai usaha toko susu dan perlengkapan bayi. ada beberapa yang ingin saya tanyakan dari pak Nyoman anatra lain:

- konsep toko yg cocok untuk pemula seperti saya apa ya?
- saya dan istri kan masih status sebagai karyawan, apakah efektif kalau untuk yg jaga toko, saya percayakan kepada orang lain (kebetulan masih saudara sih)
- untuk modal awal di bawah 40 jt sudah mencukupi apa belum ya pak?
- bagaimana caranya untuk mengetahui pangsa pasar di sekitar lokasi toko?
- kalau pak Nyoman punya data supplier, sales atau agen susu dan perlengkapan bayi, sudi kiranya pak Nyoman infokan ke saya.

mohon dishare ya pak made ke email ini: mnurilakbar@yahoo.com

Terima kasih sebelumnya nih pak Nyoman.

frozzyfreezy mengatakan...

Dear Pak Nyoman,
Thank you for sharing the knowledge. Kebetulan saya juga berminat untuk memulai bisnis di bidang ini dan berlokasi di daerah Jakarta Timur. Bisa tolong dishare distributor lokalnya Pak ? tolong diemail ke: rahmi.temmarunu@gmail.com
Thank you in advance for your help.

Satyanaraghana mengatakan...

Selama malam pak Nyoman,

Terima kasih untuk info yang anda sampaikan. Saya tertarik untuk segera membuka toko susu di area Jakarta Timur. Jika tidak keberatan mohon dibantu untuk menginformasikan distributor lokal untuk produk susu, diaper, dll melalui email satyanaraghana@gmail.com

Terima kasih untuk perhatiannya

ria mengatakan...

Dear pak nyoman,
saya tertarik sekali berbisnis dibidang susu dan popok ,
boleh kah saya minta di share informasi, mengenai distributor utama/produsen susu dan popok dan hal2 yg berkaitan dengan bisnis tersebut....
terima kasih
Ria Indah Ayu
moriscooper@gmail.com

fora dian ch mengatakan...

Selamat siang pak Nyoman..saya berminat dgn usaha ini..mohon informasinya.tks

akiohana mengatakan...

Salam kenal Pak Nyoman..

sebelumnya saya berterima kasih utk info yg Anda bagi, sama halnya dgn kesulitan teman-teman di atas saat ingin memulai usaha toko susu dan diapers yakni masalah supliernya..
mohon bapak nyoman juga berkenan memberi pencerahan kepada saya terkait permasalahan suplier tersebut..
untuk penjelasan lebih lanjut dari bapak saya tunggu di email : fathimatuz@gmail.com

saya tunggu ya paak, terima kasih banyak bapak atas perhatiannya :)

Agus Setiawan mengatakan...

Selamat Sore Pak Nyoman,

Terimakasih atas artikelnya. Saya tertarik untuk informasi distributor di seputaran wilayah Jakarta timur dari product2 tsb.

mohon dapat diemailkan ke dragussetiawan@gmail.com

Terima kasih atas perhatian dan batuannya.

qusoiy mengatakan...

selamat pagi pak nyoman,

pak saya ada rencana buka toko susu di daerah bekasi , tolong info ditributornya pak, email ke fatahillah.id@gmail.com


thanks

Khairul Umam mengatakan...

Salam pa sy seorang mahasiswa Artikel ini sangat bermanfaat khususnya bagi sy yg skrg sedang membuka usaha retail toko susu dan perlengkapan bayi bareng kaka sy.
Toko ini sdh berjalan sekitar 1,5 thn pa tp sdh sebulan kebelakang sy tutup krn ada masalah dg pegawai serta brg hilang. Rencananya 2hari kedepan sy buka kembali toko ini nah tips & trik buat menarik pelanggan lg serta suply barang bgmn pa? Lokasi toko didaerah cimanggis depok. Salam hangat dan terimakasih.
khairul.u@student.upi.edu

Khairul Umam mengatakan...

Ini pa email sy khairul.u@student.upi.edu terimakasih banyak sebelumnya

Lukhy Prasetio mengatakan...

Selamat siang, pak.nyoman. saya mw bertanya pak. apabila saya hanya mempunyai modal berkisar 13jt, apakah cukup untuk bisa memulai usaha ini? dan kesulitan saya masih seputar supply product,saya bertempat di daerah jakarta timur. apabila pak. nyoman masih mempunyai data distributor & agen area jaktim&bekasi, akan senang sekali apabila bisa di share oleh pak.. nyoman. ini email saya pak. lukhy_prasetio@yahoo.com
salam sukses....

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

Sementara ini saya bisa informasikan distributor untuk wilayah Bekasi & sekitarnya ( Karawang sd Cikampek & Jakarta timur).

Teman2 sekalian bisa searching alamat & contact personnya dengan menuliskan nama Perusahaan distributor dibawah ini.

Selamat malam sahabat semua, maaf sekali di tengah kesibukan pekerjaan saya terlambat berbagi informasi. Malam ini saya share mengenai Principle / Produsen & Distributor untuk product Milk & baby Needs
NO / NAMA PRINCIPAL/ NAMA DISTRIBUTOR / PRODUK
BABY MILK PRODUCT
1 PT WYETH INDONESIA/TIGARAKSA SATRIA/ PROCAL, PROMISE, S26, PROMIL
NURSOY


2 PT SARI HUSADA/TIGARAKSA SATRIA/SGM, VITALAC, VITAPLUS, LLM (G4)
LACTAMIL ( G2)

3 PT MEADJOHNSON/ PT ENSEVAL/SUSTAGEN, ENFAGROW, ENFAKID


4 PT SANGHIANG/ PT ENSEVAL/MORINAGA, MILNA, (G4)


5 PT ABBOTT/ PT ATRI DISTRIBUSINDO / PEDIASURE, GAIN, SIMILAC, ISOMIL
NEOSURE, ENSURE ( G2)


6 PT NESTLE / PT NESTLE/DANCOW, LACTOGEN, NESTLE, NAN
CERELAC

7 PT FRISIAN FLAG/ PT FRISIAN FLAG / BENDERA


8 PT NUTRICIA/ NUTRICIA / NUTRILON, BEBELAC

TEMPO (KHUSUS BEBELAC) NUTRIMA ( G2)

9 PT FONTERA / PT. FONTERA / ANMUM, ANCHOR
( OMSET BESAR G2) ANLENE ( G2)

10 PT PARIT PADANG/ PT PARIT PADANG / CURCUMA

11 PT INDOLAKTO / PT. INDOMARCO/ INDOMILK BIOKIDS

12 PT GIZINDO/ INDOMARCO/ PROMINA, SUN


13 PT SUKANDA DJAYA/ PT SUKANDA DJAYA /FARLEY BABY BISCUIT

14 PT APPETON/ PT APPETON/ APPETON


BABY CARE
1 PT ULI /PT ULI/ ZWITSAL

2 PT JOHNSON AND JOHNSON/ PT JOHNSON AND JOHNSON/ JOHNSONS BABY



3 PT CUSSONS / PT CUSSONS / CUSSONS BABY


4 PT MULTI INDOCITRA/ PT MULTI INDOCITRA/ PIGEON


5 PT KAPASINDO/ PT KAPASINDO/ IDEAL, ICHIBAN COTTON BUD



6 PT SUNLON KAPASINDO/ PT SUNLON KAPASINDO /SUN COTTON BUD

7 PT DISTRIVERSA PT DISTRIVERSA HUKI COTTON BUD

8 PT CHARMINDO PT CHARMINDO CHARMI COTTON BUD

9 PT SAYAP MAS UTAMA / PT SAYAP MAS UTAMA/ KODOMO

10 PT KINOCARE *** /PT DUTA LESTARI/ B&B, SLEEK, MASTER KIDS
ESKULIN

11 PT BARCLAY ***/ PT TEMPO / MY BABY

12 PT POLY USAHA SEJATI ***/ PT POLY USAHA SEJATI /SMOCA SIKAT GIGI

13 PT JOENOES IKA MULYA *** PT JOENOES IKA MULYA YURI DEE-DEE


14 PT INTRASARI *** PT INTRASARI/ MITU TISSUE BAYI

15 PT PARIT PADANG *** PT PARIT PADANG/ JORDAN SIKAT GIGI

16 PT ARTA BOGA CEMERLANG

17 PT LUMINTAS PUSPINDO / CLIO / wetz

18 IKA PHARMINDO PUTRAMAS /DISTRIVESA BUANAMAS/ HUKI

DIAPERS
1 PT UNICHARM/ PT MEGAH MAJU MANDIRI / MAMYPOKO, CHARM



2 PT SOFTEX/ PT MITRA GEMILANG / SWEETY, SOFTEX
HAPPY NAPY



3 PT MULTI INDOCITRA PT MULTI INDOCITRA/ PIGEON


4 PT IMPERS PRATAMA /PT IMPERS PRATAMA /LOLLAS


5 PT ZENSEI/ PT ZENSEI /POPOKU


6 PT CITRA USAHA LAMINDO PT CITRA USAHA LAMINDO EQ, DR. P DIAPERS


7 DSG Suryamas/ PT Tiga Raksa/ FITTI, CERTAINTY, DISPO, BAGUS
PET-PET

8 PT P&G/ PT P&G/ PAMPERS


9 PT KIMBERLY CLARK PT KIMBERLY CLARK/tigaraksa HUGGIES, KOTEX, KLEENEX


10 PT SAYAP MAS UTAMA PT SAYAP MAS UTAMA BABY HAPPY

I Nyoman Sugiarta mengatakan...

sahabat yang menanyakan distributor susu & baby needs dapat melihat jawaban saya tertanggal 11 maret 2014. Saya tidak hafal distributor di masing-masing wilayah, tetapi teman2 bias searching di internet untuk principal / distributor product2 tersebut sesuai list yang telah saya terbitkan. Salam

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.