RETAIL INTERMEZO - COWBOY TANPA PISTOL

COWBOY TANPA PISTOL

Kembali kita bahas hal-hal menarik di dunia kerja. Ada pepatah mengatakan " janganlah jadi cowboy tanpa pistol".  Seringkali pada saat meeting/rakor atau presentasi apa saja, kita melihat seseorang berkomentar tanpa ada dasar, berasumsi tanpa mempunyai data dan fakta yang akurat. Kita harus akui banyak karyawan bertypical seperti itu. Tidak saja di mid level bahkan sampai level director pun ada yang seperti itu. Mereka itu akan mendebat, mengkomplain atau mengajukan usulan yang kadang-kadang level dibawahnya sampai geleng kepala dan bergumam " dia ini menguasai persoalan atau tidak" kok omonganya ngak jelas begini?. INILAH YANG SERING SAYA SEBUT SEBAGAI COWBOY TANPA PISTOL. Berlagak jagoan dan tahu segalanya tetapi sebenarnya kosong.

Saya tidak berharap kalau ada yang baca tulisan ini, anda adalah salah satunya.
Kalau hal ini di lakukan oleh level manager ke atas, mungkin saya menyebutnya sebagai COWBOY DENGAN PISTOL TAPI TANPA PELURU. Pistolnya adalah jabatanya yang tinggi tapi isinya tidak ada. Mari terus terang, banyak juga yang seperti  ini.

Jadi kalau ada meeting atau membahas apapun baik dalam satu divisi sendiri atau koordinasi dengan divisi lainnya, pastikan anda sudah siap dengan semua hal yang terkait dengan materi yang akan dibahas. Siapkan data2 yang terkait, lihat sudut pandang lain yang kemungkinan akan menjadi pertanyaan pihak lain, sehingga apapun yang di pertanyakan oleh pimpinan, rekan kerja atau bawahan anda sudah siap dengan jawaban berdasarkan fakta dan data serta argumentasi2 yang jelas.

Jika anda tidak menguasai persoalan entah karena anda belum siap atau anda tidak menguasai materi maka saya sarankan anda pertama kali "jadilah pendengar yang baik, jadilah pemerhati yang baik atau jadilah penyimak yang baik". Setelah anda mendengar, menyimak dengan baik, jika anda mempunyai pandangan2 lain, utarakan dengan jelas dgn selalu diawali : " kalau saya punya usul/saran adalah ..... kemudian di akhiri dengan " kira-kira forum bagaimana"

Kesimpulannya jadilah cowboy dng pistol dan berpeluru penuh shg anda bisa menghadapi lawan-lawan anda bukan dengan teriakan2 yang tidak ada gunanya

Selamat mencoba jadi cowboy

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.