Retail Update - GELIAT CONVENIENCE STORE INDONESIA

RETAIL UPDATE
GELIAT CONVENIENCE STORE INDONESIA

Beberapa pemain retail international khususnya yang bergerak di retail convenience store yang di beritakan akan segera masuk ke Indonesia dengan menggunakan master franchise di Indonesia (local partner), menyusul pemain yang sudah masuk sebelumnya yaitu Seven Eleven (Modern Group) dan Lawson (Midi Indonesia) dan Circle K adalah :
1. Family Mart-Jepang  dikhabarkan menggandeng Wings Group
2. Ministop-Jepang coba menggandeng Ranch Market Group

Update dari pemain local Indonesia sendiri yang patut di cermati khusus categori retailer format Convenience Store adalah BOX MART. Pemain satu ini masih mempersiapkan diri untuk bersiap menghadapi maraknya serbuan CS dari luar. Update, anda bisa lihat lokasi box mart di kemang selatan dan jl Hang Lekir - senayan Jakarta.

Perkembangan yang sangat pesat untuk katergori CS ini di satu ini sangat baik bagi perkembangan bisnis retail di Indonesia tetapi satu sisi masih tidak di ikuti oleh ketegasan regulator dalam pengaturannya. Duplikasi perijinan untuk kategori retailer ini masih terjebak dalam bidang restoran ( perijinan keluar dari dinas pariwisata) atau bidang minimarket (dinas perdagangan). Sampai saat ini, perijinan untuk retailer convenience store masih belum clear.

Kondisi saat ini, semua retailer CS yang berasal dari luar, masuk ke Indonesia dengan menggandeng mitra lokal dalam bentuk Master Franchise. Master Franchise disini maksudnya Franchisor (pemilik brand/merk) hanya memberikan hak franchise ke satu orang/lembaga untuk cakupan satu negara. Saat ini Master Franchise ini masih sangat sedikit yang di ijinkan untuk di sub franchisekan/Sub waralaba. Baru-baru ini pemerintah menerbitkan peraturan baru mengenai Waralaba/Franchise dengan semangat memberikan perlindungan dan mendorong bisnis waralaba lokal di semua sektor. Tetapi peraturan tsb masih menuai kritik dari pebisnis waralaba baik lokal maupun pemegang master franchise. Untuk update detail peraturan tsb, temen2 bisa membaca di Harian KONTAN terbitan minggu 1 bulan september 2012.


Sedangkan untuk format retail lain misalnya General Merchandise Retailer yang juga akan di beritakan masuk ke Indonesia salah satunya yaitu IKEA dengan menggandeng Hero/Dairy Farm group. IKEA sendiri adalah retailer yang mengkhususkan bisnisnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga non food retailer

Ins@Update september 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.