RETAIL CONCEPT - UMPAN & KAIL

UMPAN & KAIL

Dalam dunia retail modern, konsep marketing umpan & kail mungkin merupakan konsep dasar dalam marketing menjalankan promotion programnya.  Umpan & kail merupakan pola bisnis model yang bercirikan :

  • Penawaran awal yang menarik
  • Harga tidak mahal
  • Bahkan gratis
Pola ini bertujuan untuk mendorong pembelian yang berkelanjutan atas product atau jasa yang ditawarkan oleh retailer. ITULAH UMPAN KERUGIAN
Strategi ini juga sering di sebut sebagai : " Loss Leader"  atau " Razor & Blades". Di sebut loss leader karena penawaran awal bersubsidi atau penawaran awal yang bersifat rugi. Keuntung yang di peroleh oleh retailer adalah pada saat terjadi pembelian berikutnya. ITULAH KAIL KEUNTUNGAN

Bisnis model ini pertama kali di populerkan oleh : King C. Gillette, yang merupakan penemu pisau cukur sekali pakai. Retailer memberikan umpan harga murah bahkan di gratis pada penawaran awalnya kemudian mengail keuntungan pada pembelian berikutnya.

Beberapa format bisnis yang sering menerapkan strategi ini antara lain : Penyedia jasa layanan telepon selular ( coba perhatikan dan amati). Bagaimana gencarnya operator telepon seluler melakukan promosi murah mulai dari gratis bicara dalam menit sampai jam, gratis sms dll. Jika semua gratis pada awalnya, apakah konsumen sadar bahwa pada pembelian berikutnya perusahaan operator selular mengeruk untung luar biasa besar jauh melebihi kerugian (umpan) yang diberikan pada awal penawarannya.
ITULAH YANG DISEBUT : UMPAN & KAIL ( berikan umpan murah pada awalnya dan Kail keuntungan pada pembelian berikutnya)

Ins@jogjakarta, jalan2 sendiri di pasar bringharjo - hunting buku pada suatu pagi di tanggal 20 september 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

Viewer

Diberdayakan oleh Blogger.